Catat..!! Proptech Menyediakan Marketing Tools, Bukan Meniadakan Agen Properti

PROPERTY INSIDE – Perkembangan teknologi belakangan ini berdampak besar pada semua lini industri, tak lepas juga sektor properti ikut terdampak pada teknologi. Pada sektor-sektor lain seperti transportasi, layanan keuangan, perawatan kesehatan, ritel, perhotelan, teknologi telah mengubah banyak hal untuk sektor-sektor tersebut, yang berefek positif maupun negatif.

Efek positifnya, teknologi menghasilkan efisiensi yang sangat besar dan luar biasa, tapi juga dalam banyak kasus banyak orang kehilangan pekerjaan yang sudah diambil alih oleh teknologi itu.

Di sektor real estat khususnya, dampak teknologi sama besarnya dengan sektor lain, tetapi dalam cara yang sangat berbeda. Dampaknya malah tidak membuat orang-orang kehilangan pekerjaan, seperti agen real esate misalnya, mereka tetap dibutuhkan karena sifat unik sektor ini.

Baca juga: Tulus adalah Startegi Menjual Paling Ampuh bagi Agen Properti

Dalam industri real estate, faktor manusia masih melakukan fungsi yang paling penting dalam memberikan saran, nasihat, dan strategi kepada klien mereka. Ini adalah bagaimana melakukan pendekatan personal pada klien yang tidak akan pernah mampu dilakukan mesin canggih sekalipun.

Dan itu tidak akan pernah berubah. Tidak ada yang benar-benar akan menyewakan atau membeli rumah hanya berpatok pada listing yang terpampang di layar monitor tanpa melakukan konsultasi dengan orang-orang yang memiliki keahlian di lapangan.

Membeli rumah atau menyewanya adalah keputusan yang unik dan hal itu terlalu besar jika harus diserahkan bulat-bulat kepada teknologi mesin pencari rumah, misalnya. Teknologi dampaknya tidak akan mengurangi fungsi-fungsi para marketer, tapi dia berfungsi untuk menambah tools bagi para pemasar real estate tersebut.

Baca juga: Revolusi PropTech Segera Tervisualisasi

Puluhan situs web pencarian rumah menyajikan, mengumpulkan data, ketersediaan, harga, dan informasi lainnya agar pencari rumah dapat mengakses informasi, dan harus dicatat, hanya sekedar informasi, tidak ada deal disana.

Tapi situs-situs proptech dapat berfungsi lebih maksimal jika mereka mampu menyediakan kebutuhan alat-alat marketing agar bisa menjual produk-produk yang mereka pasarkan. Daripada mencetak brosur untuk menunjukkan promosi ketersediaan, petunjuk lokasi dll. Informasi seperti ini dapat diakses dan disimpan melalui teknologi cloud atau blockchain untuk menelusuri jejak calon pembeli.

Manfaatkan teknologi untuk menyampaikan promosi Anda. Visibilitas properti sangat penting untuk tersampaikan pada calon pembeli. Begitu banyak teknologi yang membantu para profesional memasarkan produk mereka ke pasar tanpa harus menhabiskan banyak waktu.

Dengan teknologi VR 360 misalnya, agen properti dapat menunnjukkan dimana saja dan kapan saja tampilan visual real estate yang dijualnya. Atau para developer dapat menggunakan tampilan 3D yang nyata untuk memamerkan showunit atau gedung-gedung mereka yang membawa calon pembeli pada pengalaman baru secara teknologi.

Baca juga: Jangan Remehkan Millenial Belum Punya Rumah

Selain itu, data real time juga dapat disajikan kepada pencari rumah untuk mengetahui harga dan ketersediaan properti yang dipasarkan. Saat ini banyak situs yang telah memberikan hasil langsung pada berbagai titik analisis dan data.

Dulu, hasil penelitian hanya dapat diakses oleh beberapa situs dan perusahaan karena data tersebut sangat mahal. Hari-hari itu sudah berakhir! Kini data real time bisa tersedia dan ini dapat mengubah cara pemasaran real estate.

Kini Anda dapat melihat di mana peluang besar sektor real estat. Teknologi sudah memiliki dampak besar dalam membantu para agen profesional real estate dengan memberi banyak tools marketing, sehingga menjadi lebih berwawasan dan lebih berharga.

 

Michael Beckerman, is the founder and CEO of the The News Funnel, a leading estate content platform and content marketing agency. 

Share this news.

Leave a Reply