Keindahan “Hotel Berhantu” Tommy Soeharto di Bali

PROPERTY INSIDE – Sebuah hotel tua kental bernuansa khas Bali terletak di kawasan wisata Danau Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali nampak terbengkalai tak terurus sama sekali. Kabarnya hotel mewah setaraf resort ini sangat mistis dan berhantu.

Hotel ini sempat menjadi viral saat Jacob Laukaitis, seorang traveler bloger mancanegara mengunggah video penemuan hotel ini pada 2015 lalu. Kabarnya lagi, hotel ini dulunya dibangun oleh Tommy Soeharto namun katanya saat ini sudah dijual lagi.

Warga setempat menjuluki tempat ini The Ghost Palace Hotel, padahal nama aslinya adalah Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel and Resort. Sejarah sebenarnya dari Ghost Palace Hotel agak sulit untuk diverifikasi, tetapi skenario yang paling mungkin adalah bahwa itu dibangun sekitar tahun 1997 sebagai proyek investasi Tommy Suharto, putra bungsu mantan Presiden Soeharto.

Baca juga: Trowulan, Kota Metropolitan Kuno

Beredar kisah-kisah mistis di masyarakat sekitar yang menjelaskan soal kenapa hotel ini terbengkalai. Menurut beberapa warga, ada cerita mengenai sosok pegawai yang meninggal di sana lantaran kondisi kerja yang tak layak. Arwahnya yang tak tenang kemudian gentayangan dan menjadi penunggu di hotel itu hingga sekarang.

Di hotel yang ditaksir bernilai sekitar USD 100 juta ini juga disebut-sebut  sesosok hantu berwujud gadis cantik yang menjadi penunggu sekitaran hotel tersebut. Parasnya putih manis khas wajah oriental dan memiliki rambut sepundak, ia kerap menampakkan wujudnya kepada pemuda yang melewati sekitaran hotel tersebut pada malam hari.

Tak kurang media-medai internasional pun menyoroti The Ghost Palace Hotel ini, seperti kantor berita Inggris dailymail.co.uk dan situs berita stomp.co.sg Singapura ikut memberitakan tentang hotel mewah ini.

Baca juga: Berani Uji Nyali di Mall Hantu ini?

Dailymail.co.uk bahkan merilis satu set foto-foto resort megah yang memukau karya fotografer Perancis Romain Feillon. Seperti terlihat di foto-foto di bawah ini yang menunjukkan bangunan megah dengan paduan nuansa alam yang indah, namun tidak terawat samasekali.

Lantai marmer tertutupi lumut, sulur merambat, dan rumput tumbuh di antara ubin batu. Tidak ada indikasi bahwa ada rencana untuk merenovasi atau membuka kembali resor ini di kemudian hari.

Kisah-kisah bangunan berhantu di dunia memang selalu menarik untuk ditelusuri. Terlepas dari kisah-kisah mistis itu, berbagai promosi dari mulut ke mulut baik disengaja atau tidak telah meningkatkan minat wisatawan.

Bisa saja ini menjadi sektor unik baru bagi industri pariwisata ketika wisatawan mengunjungi tempat-tempat ini untuk mengalami aktivitas paranormal. Istana Hantu dari Bali ini hanyalah salah satu dari banyak hotel berhantu di seluruh dunia yang telah menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Share this news.

Leave a Reply