Gelontorkan Rp 12,9 triliun, Semen Indonesia Resmi Ambil Alih Holcim

PROPERTY INSIDE – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, secara resmi telah melaksanakan closing pengambilalihan saham Holderfin B.V. yang ditempatkan dan disetor di PT Holcim Indonesia Tbk.

Pengambilalihan tersebut dilakukan oleh anak usaha Perseroan, yaitu PT Semen Indonesia Industri Bangunan (“SIIB”), sehingga menyebabkan perubahan pengendalian terhadap PT Holcim Indonesia Tbk.

Baca juga: Volume Penjualan Semen Baturaja Melejit 24% Sepanjang 2018

Tujuan pengambilalihan PT Holcim Indonesia Tbk. antara lain untuk  memperluas jaringan pabrik semen di dalam negeri, memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan, meningkatkan efisiensi, khususnya biaya distribusi dan bahan baku.

Selain itu, langkah bisnis ini juga upaya perseroan untuk memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi, serta memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi.

Baca juga: Semen Padang Bantu Pemkot Bukittinggi Bangun Kios Penampungan

Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk., Agung Wiharto membenarkan bahwa proses pembayaran telah diselesaikan dengan total nilai transaksinya mencapai US$ 917 juta atau setara Rp 12,9 triliun untuk total kepemilikan saham sebesar 80,64 persen.

“Perseroan dan/atau SIIB tidak memiliki hubungan afiliasi apapun dengan Holcim Indonesia maupun Holderfin B.V,” demikian keterangan Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto.

Sebelumnya, Semen Indonesia telah mengumumkan negosiasi sehubungan dengan rencana pengambilalihan Holcim Indonesia Tbk pada 13 November 2018 lalu.

Share this news.

Leave a Reply