Benahi Kinerja BTN, Erick Thohir Duetkan Pahala Mansury & Chandra Hamzah

By 23 November 2019Mortgages

PROPERTY INSIDE – Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama dan Chandra M Hamzah sebagai Komisaris Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Posisi Dirut BTN sebelumnya dijabat Suprajarto yang mengundurkan diri setelah ditunjuk RUPSLB. Sementara Chandra M Hamzah menggantikan Asmawi Syam sebagai Komisaris Utama BTN.

Lalu seperti apa rekam jejak mereka sebelum memimpin bank plat merah yang domain utamanya adalah kredit perumahaan untuk masyarakat Indonesia ini.

Baca juga: Rumah Subsidi, Pemerintah Mudahkan Persyaratan BP2BT

Chandra  Hamzah seperti diketahui pernah menjabat di komisi anti rasuah (KPK) pada tahun 2007, jauh sebelumnya dia juga  telah aktif dalam bidang peradilan antikorupsi. Tahun 2000-2001, dirinya pernah menjadi anggota Komite Investigasi Bersama Anti-Korupsi Kantor Kejaksaan Agung dan juga pernah aktif di YLBHI.

Sebelum ditunjuk menjadi Komisaris BTN, Putra payakumbuh, Sumatera Barat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT PLN melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2014 lalu.

“Mengapa Chandra Hamzah menjadi komisaris utama karena memang background-nya adalah hukum, kita tahu bahwa di BTN itu ada isu-isu yang kurang baik yang tentu harus dilihat secara hukum. Apalagi, BTN ini kan ujung tombak dari pembiayaan perumahan rakyat, sehingga kalau nanti ini tidak sehat kan tidak bagus,” ujar Erick Thohir seperti dilansir Bisnis, Jumat (22/11).

Baca juga: Bank DKI, Gaet Milenial Dengan Beragam Kemudahan Transaksi

Sementara Pahala memiliki latar belakang di bidang keuangan. Sebelum bergabung dengan Bank Mandiri tahun 2003, Pahala pernah menjadi konsultan di beberapa perusahaan internasional yang menangani proyek-proyek manajemen & perbankan.

Di Bank Mandiri karirnya moncer, jabatan EVP Coordinator Finance & Strategy and Chief Financial Officer hingga Direktur Bank Mandiri pernah dijabatnya. Jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini juga pernah menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia sebelum menjabat Direktur Keuangan Pertamina.

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga mengatakan, Erick Thohir memasang dua orang tersebut guna memperbaiki kinerja BTN, perbankan yang berhubungan visi misi Presiden Jokowi dalam masalah perumahan.

Share this news.

Leave a Reply