Alun-alun Kota Depok Beroperasi, Angarannya Capai Rp 160 M

By 13 January 2020News

PROPERTY INSIDE – Setelah sempat tertunda, akhirnya Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara resmi membuka alun-alun yang telah selesai dibangun di akhir tahun 2019 lalu. Fasilitas umum ini berlokasi di kawasan Grand Depok City (GDC), Kalimulya, depok, Jawa barat.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang merupakan rangkaian taman terpadu tingkat kota. Alun-alun ini dibangun dengan tiga zona yakni, zona interaksi, budaya serta ekonomi,” ucap Idris selepas meresmikan pembukaan alun-alun di GDC, Kalimulya.

Baca juga: The Real TOD Pertama Di Indonesia Ada Di Depok

Ia menambahkan bahwa pembangunan alun-alun yang memiliki luas 3,9 hektar tersebut terbagi dalam dua tahap. Tanpa pertama di tahun 2018 dan tahap kedua di 2019.

Lebih lanjut, ucapnya, sementara untuk anggaran pembangun alun-alun ini sebesar Rp 160 miliar, anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok.

“Nantinya Alun-alun ini bersama dengan Taman Hutan Raya (Tahura) serta taman besar lainnnya akan dikelola oleh UPT Dinas Tahura yang berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok,” jelasnya.

Baca juga: Cari Rumah Subsidi, Unduh SiKasep!!!

Terakhir, dirinya berharap, masyarakat  dapat memanfatakan serta menjaga berbagai fasilitas yang ada di dalam Alun-alun. Baik sebagai RTH maupun sarana interaksi warga. “Alun-alun yang berada di kawasan GDC ini adalah janji saya atas pemenuhan RTH untuk masyarakat Kota Depok,” tandasnya.

Untuk diketahui, berikut  fasilitas yang ada di alun-alun Kota Depok, antara lain arena sepeda BMX, arena skateboard, jogging track, lapangan basket, wahana wall climbing, lapangan futsal, tempat pertunjukan seni dan budaya, pojok literasi, pojok ramah anak, ruang menyusui, mushola, toilet, area parkir, serta area khusus difabel, ibu hamil dan lansia.

Baca juga: Property Outlook 2020, Peluang Di Tengah Tantangan

Kemudian, ada pintu masuk utama, area penurunan penumpang, dinding mural, parkir pengelola, jembatan utama, kolam retensi, panggung mengapung, area duduk (amphitheater), pendopo, taman bermain anak, taman lansia.

Selain itu juga ada galeri UMKM, green house, co-working space, dan menara pandang. Selain itu, di dalam alun-alun ini juga dilengkapi dengan 100 Closed Circuit Television (CCTV) dan kamera panorama 360°.

Share this news.

Leave a Reply