Tips Menata Lighting Ruangan ala Desainer Profesional

By 25 February 2020Design

PROPERTY INSIDE – Pencahayaan yang tepat dapat membuat ruangan terasa nyaman dan ramah. Ruang-ruang dalam rumah yang membutuhkan pencahayaan yang tepat akan meningkatkan mood Anda.

Percayalah, pencahayaan yang jelek dapat menghancurkan mood kita.  Bayangkan sebuah ruang makan restoran dengan cahaya lembut, redup, dengan lilin di atas meja dan cermin memantulkan cahaya hangat di sekitar ruangan dapat meningkatkan suasana.

Baca juga: 6 Furnitur Klasik Di Era Modern & Cerita Sejarahnya

Kemudian bayangkan ruangan yang sama saat restoran itu tutup, ketika staf telah menyalakan lampu neon untuk membersikan dan mengepel lantai, tentu Anda akan merasakan nuansa yang beda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menata pencahyaan rumah Anda tanpa harus memanggil tukang listrik atau ahli tata lampu profesional. Anda dapat menggunakan tips-tips dari para desainer profesional ini.

Modern Dining Rooms

Baca juga: Desain Unik Untuk Rumah Tipe 21? Kenapa Tidak

lighting lamp

Gunakan bohlam LED yang seragam

Jenny Guggenheim, pemilik dan perancang utama Guggenheim Architecture and Design Studio di Portland, menyarankan Anda mengganti semua jenis bohlam yang tidak cocok, terutama bohlam lampu neon compact, ganti dengan satu jenis bohlam LED.

“Di rumah tua kadang-kadang ada tiga atau empat jenis bola lampu, masing-masing dengan suhu dan warna sendiri. Ganti dengan yang sejenis dan perbaikan mudah ini bisa sangat membantu meningkatkan pencahayaan Anda,” kata Guggenheim.

Pilih LED yang tepat.

Belanja untuk lampu LED bisa membingungkan. Para desainer merekomendasikan lampu LED hangat 2.500K hingga 2.700k. “Rentang itu meniru siang hari, tetapi sedikit di sisi yang lebih hangat,” kata Guggenheim.

Para desainer juga memperingatkan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Semakin murah bohlam, semakin rendah kualitas cahayanya, jadi belanjalah toko pencahayaan khusus daripada toko ritail umum untuk mendapatkan produk berkualitas.

Arahkan setidaknya dua lapisan cahaya.

Desainer Alex Kalita, pendiri Common Bond Design dari Brooklyn, mengatakan lapisan pertama pencahayaan Anda haruslah praktis, yang biasanya lebih terang, pencahayaan overhead, terutama di area yang membutuhkan banyak cahaya seperti kamar mandi dan dapur. Lapisan cahaya kedua adalah lampu meja, lantai, dan aksen yang membawa Anda seolah ke ruang angkasa.

lighting lamp

Baca juga: Ingin Punya Teras Besar di Rumah Kecil? Tirulah Desain Rumah Ini

lighting lamp

Menyebarkan cahaya

Saat membangun layer pencahayaan, Anda membutuhkan yang tersebar. Jika semua cahaya Anda berasal dari bola lampu bening dan terang dengan warna buram, pikirkan tentang menukar beberapa bola lampu dan warna untuk cahaya yang lebih menarik.

Abaikan tren

Banyak pilihan pencahayaan populer yang tersedia saat ini menampilkan corak logam atau bohlam kosong. Namun, gaya itu tidak menghasilkan cahaya yang bagus, jadi gunakan dengan hemat. Lampu keramik dengan dasar kertas putih sederhana atau naungan kain adalah pilihan paling tepat yang menghasilkan cahaya lembut.

Pilihlah bola lampu luxe

Selain bohlam berujung krom, bohlam khusus lainnya dapat meningkatkan pencahayaan Anda. Misalnya, LED gaya Edison dengan watt rendah dapat melakukan banyak hal dengan overhead yang keras. Jika rumah Anda tidak memiliki pencahayaan overhead yang cukup, Anda dapat menggunakan lampu gantung plug-in di atas meja makan.

Share this news.

Leave a Reply