Intermoda BSD City Pilot Project TOD di Indonesia

By 6 October 2020News

PROPERTY INSIDE – BSD City merupakan salah satu kawasan transit oriented development (TOD) seluas 25 hektare di Kabupaten Tangerang yang menjadi salah satu kawasan TOD yang pertama kali dikembangkan di Indonesia.

“Intermoda BSD City merupakan kawasan TOD yang paling baik, nomor satu, di Indonesia. Kita buktikan naik sepeda lebih dari 3 km tidak keringatan. Artinya, orang mau ke kantor bisa naik sepeda. Intermoda BSD City akan kami jadikan percontohan untuk pengembangan TOD di Indonesia,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Indonesia Dorong Kerjasama Pembiayaan Infrastruktur Dan Pembiayaan Berkelanjutan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun berkesempatan menjajal area jalan utama Intermoda BSD City dengan bersepeda pada Minggu (04/10). Menhub ditemani Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, kalangan selebritas, seperti Wulan Guritno, Nugie, dan influencer lain melakukan gowes bareng sekaligus mengajak masyarakat berolahraga untuk hidup sehat.

“Pengguna angkutan massal kita baru mendekati 30%, padahal idealnya 60%. Angkutan massal dapat hidup kalau ada layanan intermoda seperti kereta dengan bus, pesawat, mobil pribadi, dan sepeda,” lanjut Budi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan bersama rombongan berangkat menggunakan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Palmerah, Jakarta, menuju Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Miliki Nilai Spesial, Uang Muka Kota Podomoro Tenjo Hanya 10 Juta

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung Kemenhub dalam kampanye bersepeda dan penggunaan kendaraan umum.

“Keberadaan kawasan TOD Intermoda BSD City juga bermanfaat membersihkan udara dari polusi karena penggunaan kendaraan bermotor pribadi menjadi berkurang. Ini turut membuat kawasan BSD City tampak asri dan memiliki kualitas udara yang baik sehingga cocok untuk berolahraga.”

Intermoda BSD City adalah kawasan yang terintegrasi antara layanan publik berupa transportasi KRL commuter lineshuttle bus BSD Link, serta perdagangan melalui Pasar Modern Intermoda BSD City, Kawasan Niaga Terpadu, Universitas, dan kawasan hunian lain.

Share this article:

Leave a Reply