Keren, Lapangan Tenis Vertikal Pertama di Dunia ini Dipasangi Fasad Elektronik Streaming

By 15 December 2020Architecture

PROPERTY INSIDE – Studio desain Italia Carlo Ratti Associati bersama arsitek Italo Rota telah merancang konsep unik untuk lapangan tenis vertikal disebut Playscraper. Bangunan ini merupakan struktur sementara yang terdiri dari delapan lapangan tenis yang berlapis-lapis.

Secara konseptual, Playscraper menjulang setinggi 90 meter (300 kaki) dan memiliki ruang bermain seluas 5.500 meter persegi (60.000 kaki persegi).

Konsep lapangan tenis vertikal ini dibuat untuk perusahaan media dan olahraga Italia, RCS Sport, dengan menggunakan teknologi konstruksi berdasarkan struktur sandwich baja ringan tahan karat yang dikembangkan oleh perusahaan Broad Sustainable Building (BSB).

Baca juga: Studio Gang, Studio Arsitek Paling Berpengaruh Di Dunia, Selesaikan Menara Unik Di San Fransisco

“Kami menyukai gagasan untuk membuat struktur sementara yang dapat dengan mudah dirakit dan dibongkar, sementara pada saat yang sama menciptakan jenis ruang publik baru yang meluas ke langit dan pengalaman visual yang belum pernah ada sebelumnya untuk orang-orang di berbagai kota,” kata Carlo Ratti pendiri Carlo Ratti Associati seperti dikutip Dezeen.

playscraper_italia

“Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa teknologi inovatif Broad untuk sandwich logam ringan – yang telah kami pelajari secara detail saat melakukan kurasi di Biennale Shenzhen tahun lalu,” jelas Ratti lebih lanjut.

Masing-masing dari delapan kotak dalam konsep ini dirancang untuk memiliki lapangan tenis yang berdiri sendiri, dengan sisi kotak yang sempit menampilkan dinding transparan untuk memberikan pemandangan lanskap sekitarnya kepada para pemain.

Baca juga: Rancangan Gedung Ini Seperti Menyatu Dengan Pohon

Lapangan tenis ini ditumpuk secara vertikal menggunakan struktur pelat B-Core BSB. Lembaran B-Core dibuat dari awal dan terdiri dari dua pelat baja tahan karat yang disatukan dengan serangkaian tabung inti yang sangat tipis. Sementara itu, sisi panjang memiliki fasad elektronik untuk streaming permainan yang dimainkan, atau konten digital lainnya, yang disuguhkan kepada penonton.

BSB mengklaim pembangunan bangunan pelat B-Core setidaknya 10 kali lebih cepat dari pembangunan bangunan biasa. “Menurut saya, teknologi yang dikembangkan oleh BROAD di China sangat menarik,” kata Ratti.

“Kebanyakan orang mengetahuinya karena banyaknya video online populer tentang gedung pencakar langit yang dibangun dalam beberapa hari. Yang saya suka dari ini adalah memungkinkan kami untuk membangun bangunan melingkar, di mana segala sesuatu termasuk strukturnya dapat dipasang kembali atau didaur ulang,” tambahnya.

Baca juga: Futuristik, Ini Rancangan Stasiun Taksi Terbang Uber Di Masa Depan

Meski baru konsep untuk saat ini, Ratti berharap gedung Playscraper bisa terealisasi. “RCS menugaskan kepada kami sebagai konsep yang akan dibangun dan saya tahu mereka telah melihat kelayakan finansialnya secara detail. Jadi saya pikir kami memiliki peluang bagus untuk membangunnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ratti menyampaikan jika pun bangunannya tidak pernah rampung, konsep seperti ini telah menunjukkan bahwa seorang desainer telah memunculkan tanggung jawab dab ide yang memiliki visi masa depan.

Share this article:

Leave a Reply