Catat..!! Ini Lokasi Camping Ground Favorit Para Backpakers di Bali

PROPERTY INSIDE – Buat kamu yang senang bertualang di alam terbuka, salah satu lokasi paling hits untuk berkemah di Bali ini mungkin bisa menjadi pilihan. Wisata Bukit Asah, di Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem, Bali ini sudah dikenal di kalangan backpakers.

Area wisata ini merupakan sebuah bukit yang menjorok ke laut dan memiliki tebing tinggi di sebelah kirinya dan terdapat hamparan pasir putih di sebelah kanannya. Para backpacker yang datang ke sini untuk berkemah dan menyalakan api unggun.

Tak hanya berkemah, Bukit Asah juga menyediakan banyak wisata lain yang ditawarkan oleh pengelola wisata Bukit Asah. Sebenarnya, Bukit Asah telah menjadi lokasi perkemahan sejak tahun 2000-an, namun pengunjungnya tak sebanyak sekarang. Hal tersebut juga disebabkan karena dahulu akses jalannya masih jalan setapak.

bukit-asah-

Baca juga: Sejarah & Legenda Pura Tanah Lot Yang Termasyhur

Kemudian pada tahun 2016, BP2DAP melakukan Pengembangan Pariwisata Desa Adat Bugbug serta proyek Taman Harmoni Bali. Proyek ini mencakup tebing-tebing dan pantai di sekitarnya. Hingga saat ini Taman Harmoni Bali banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun dari mancanegara.

Lokasi Bukit Asah berada di Bali wilayah Timur, tepatnya di Desa Bugbug, Karangasem, Bali. Jalan menuju lokasi wisata pun cukup nyaman karena saat ini dapat dilalui motor maupun mobil. Namun, karena jalannya belum diaspal, disarankan menggunakan motor daripada mobil.

Jika perjalanan dimulai dari Bandara Ngurah Rai atau Pantai Kuta, maka bisa ditempuh sekitar 2 jam. Biaya masuk ke wisata ini cukup murah, hanya sebesar 2000 per orang, kemudian masuk ke area wisata sekitar 500 meter.

Baca juga:  Percaya Atau Tidak Apartemen Ini Terbuat Dari Kayu

Ada dua pilihan area wisata di Bukit Asah yang dapat kamu pilih. Yang pertama, Pantai Bugbug dan Tebing Tinggi di belokan kanan, biasanya wisatawan yang hanya ingin berkemah sambil menikmati sunrise akan memilih jalan kanan ini. Pengunjung akan dibawa ke sebuah tebing tinggi yang curam dan laut lepas di bawahnya, serta akan terlihat pantai Bugbug dengan pepohonan kelapa.

Kemudian Pantai Virgin atau Pantai Perasi dan Tebing Rendah di belokan kiri, beberapa wisatawan mengunjungi jalan ke kiri untuk bisa berselancar di pantai virgin. Dari sini, pemandangan laut lepas masih terlihat cantik, namun tebingnya lebih rendah daripada belokan kanan.

Fasilitas di Bukit Asah Bali sudah cukup lengkap, disini tersedia toilet, musholla dan tempat parkir yang luas. Selain itu, banyak juga warung-warung menjajakan makanan dan minuman, seperti makanan berat, camilan, gorengan, soft drink, dan lain sebagainya. Di area wisata dekat camping ground juga terdapat pos pelayanan dan keamanan.

 

Camping ground disini dikelola dengan sangat baik, tanahnya rata dan ditumbuhi rumput halus sehingga aktivitas berkemah sangat menyenangkan. Berkemah di sini sedikit berbeda dengan kemah pada umumnya. Jika biasanya kemah sangat sederhana dan minimalis, Bukit Asah menawarkan sensasi berkemah dengan fasilitas yang lengkap.

bukit asah bali

Baca juga: Ini Rekomendasi Hotel Unik Di Bali Yang Wajib Anda Kunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Harga sewa tenda di Bukit Asah Bali pun ada pilihannya, tenda ukuran sedang untuk 4 orang ditawarkan sekitar Rp150 ribu per malam. Sedangkan untuk tenda ukuran besar/VIP untuk kapasitas 6 orang sekitar Rp300 ribu per malam.

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap seperti tenda, bantal, matras, dapur umum, toilet, pos keamanan, kursi dan meja, serta kayu bakar untuk api unggun. Jadi, jika ingin berkemah di Bukit Asah Bali pengunjung tidak perlu repot-repot membawa tenda dan perlengkapan sendiri.

bukit asah_

Membuat api unggun saat berkemah memang menjadi tradisi, namun akan merepotkan jika harus membawa kayu dari rumah atau mencari di hutan di sekitar tempat kemah.

Bukit Asah Bali telah menyediakannya bagi pengunjung yang berkemah dengan tenda sedang maupun VIP. Disini kita akan mendapat kayu bakar gratis untuk api unggun. Bagaimana? Tertarik untuk camping di Bukit Asah Bali?

Share this article:

Leave a Reply