Ide Interior Cafe Penarik Pengunjung

By 25 February 2018Design, News

PROPERTY INSIDE – Apakah konsep cafe yang paling diinginkan pengusaha kuliner? Jawaban simplenya adalah konsep yang bisa menarik banyak pengunjung dan membuat pengunjung nyaman dan betah. Untuk tujuan itu tentu konsep unik, kreatif dan hebat dengan tema santai cocok untuk diterapkan.

Pembangunan cafe yang minimalis ini harus didukung dengan konsep yang juga sudah matang. Konsep dalam desainnya juga sama seperti konsep mendesain rumah dan kamar. Perbedaannya adalah ketika mendesain rumah dan kamar pribadi, Anda menyesuaikan dengan kemauan pribadi.

Tetapi jika berbicara mengenai pembangunan cafe, haruslah Anda perhatikan beberapa hal seperti sasaran pasar. Ketika mendesain interior rumah makan atau restoran dan cafe, tentu harus tahu bagaimana kekurangan atau kelebihan rumah makan dapat mempengaruhi bisnis. Pentingnya memilih desain interior kreatif yang hebat untuk rumah makan. Ini berarti tidak hanya kualitas makanan dan rasa harus luar biasa, tetapi juga desain interior rumah makan dan jenis dekorasi yang digunakan harus kreatif dan unik juga.

Salah satu yang menjadi faktor penyebab bisnis cafe/coffee shop bangkrut adalah kegagalan pemiliknya dalam mendekorasi dan mendesain interior coffee shop yang menarik dan atraktif, terutama bagi pengunjung yang mayoritas masih berusia muda. Ada baiknya, sebelum membuka bisnis, terlebih dahulu Anda mencari referensi seputar ide desain interior coffee shop seperti apa yang banyak dilirik pengunjung. Beberapa dari informasi seputar desain interior coffee shop akan dijelaskan di sini.

alt text

Siapkan opsi target market.

Kita tentu paham bahwa pengunjung coffee shop berasal dari kalangan anak muda dengan range usia belasan hingga usia 40 an tahun. Namun, sebenarnya, kegemaran minum kopi tak hanya disukai anak muda, melainkan juga orang tua. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa memperkirakan sasaran customer yang akan menjadi pelanggan coffee shop Anda, apakah anak muda atau orang – orang yang sudah berusia 40 an tahun ke atas.

Jika Anda memilih opsi pertama, desain interior harus dibuat menarik dan fun, dengan banyak bangku panjang dan area yang luas, denah open plan, sehingga mampu menarik minat pengunjung muda untuk datang dan menghabiskan waktu di tempat tersebut. Bagi Anda yang menyasar pengunjung berusia lanjut, desain coffee shop yang tepat sebaiknya dibuat klasik, tenang, tanpa banyak ornamen, dan denah ruang yang lebih tertutup.

alt text

Fitur pada sebuah coffee shop.

Beberapa aspek yang wajib ada pada coffee shop antara lain service counter yang dekat dengan pintu masuk, beberapa meja dan kursi dengan berbagai ukuran untuk mengakomodasi pengunjung yang datang, baik yang sendirian atau yang bersama rombongan. Bisa juga Anda menyediakan area kecil di sudut, dengan menawarkan kenyamanan dan ketenangan. Space ini cocok digunakan bagi mereka yang ingin menikmati kopi sembari menggunakan laptop guna menyelesaikan pekerjaan. Hal – hal lain yang bisa ditambahkan misalnya tanaman hidup, lukisan di dinding, atau lampu – lampu gantung yang unik.

Desain interior coffee shop yang klasik dan cozy.

Desain interior yang klasik cenderung menekankan pada aspek kenyamanan pengunjungnya. Di sini, coffee shop berperan sebagai area untuk menyendiri, bekerja, membaca, belajar, sembari menikmati seduhan kopi. Suasana dan atmosfer coffee shop ini juga dibuat senyaman dan setenang mungkin. Pencahayaan pun sengaja dibuat tak terlalu terang guna mendukung aktifitas di dalamnya.

Dengan suasana yang tenang dan nyaman, pengunjung akan betah berlama-lama di sini. Untuk mewujudkan dekorasi interior coffee shop yang klasik dan cozy, penggunaan furnitur kayu ditambah rustic wall treatments dengan menampilkan warna-warna yang teduh seperti cokelat atau putih susu bisa dipilih. Untuk melengkapinya, pilih meja konter warna gelap dan tempatkan beberapa tanaman di sudut-sudut ruangan sebagai aksennya.

alt text

Desain interior coffee shop urban nan kreatif.

Desain coffee shop yang fun dan kental nuansa pop art mungkin cocok bagi Anda yang menyasar pengunjung anak muda atau bahkan remaja. Penggunaan bahan stainless steel yang dipadukan dengan furnitur modern dan sleek lighting, akan membuat desain interior coffee shop terlihat chic. Di sini, Anda bisa mendisplay coffee bar yang cukup panjang, lengkap dengan barstools. Di atasnya, instal sebuah pencahayaan overhead yang sedikit rendah, dan buat sedikit nuansa layaknya nuansa klub malam.

Desain interior coffee shop dengan tema etnik.

Tema etnik untuk sebuah coffee shop? Tentu hal ini cukup jarang ditemui. Namun, tema regional untuk interior coffee shop ini akan menjadi menarik bila disesuaikan dengan jenis kopi yang Anda jual dan menjadi unggulan di coffee shop Anda. Jika Anda ingin nuansa yang bercita rasa Indonesia, Anda bisa memilih kopi toraja dan kopi luwak. Tentunya, desain interior yang dipilih lekat dengan hal-hal etnik khas suku toraja. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menampilkan tema etnik pada coffee shop selain tema dari Indonesia, Anda bisa menjajal desain interior bertema Meksiko, Costa Rica, atau Kolumbia. Negara-negara di Amerika Selatan tersebut sangat kental dengan cita rasa kopinya yang khas.

alt text

Share this news.

Leave a Reply