Studio Arsitek ini Tawarkan Kolam Renang Terapung untuk Kota-kota Pantai Dunia

PROPERTY INSIDE – Studio arsitektur OOPEAA yang berbasis di Helsinki, Finlandia memperkenalkan desain kolam renang terapung (floating sea pools) ke kota-kota pesisir dan tepi sungai di seluruh dunia.

Set pertama dari desain ini akan dibangun di Oulu, Finlandia. Sebelumnya, OOPEAA singkatan dari Office for Peripheral Architecture, sukses memenangkan kompetisi untuk mengembangkan konsep global proyek Allas Sea Pool.

Kompetisi desain ini diselenggarakan oleh kelompok pengembangan kota Töölö Urban, menyusul keberhasilan pilot sea pool yang dibangun di Helsinki oleh Huttunen-Lipasti-Pakkanen Architects pada tahun 2016 lalu.

Baca juga: Kolaborasi Arsitek Dunia di Proyek Terbaru Crown Group

Visi OOPEAA adalah menciptakan destinasi keluarga untuk fasilitas sauna, spa, kolam renang dan fasilitas umum dengan menonjolkan tradisi Nordic. Beberapa elemen, seperti kolam renang, akan dibangun sebagai struktur terapung sementara yang lain akan terhubung ke daratan.

“Tujuannya adalah untuk membangun floating sea pools family di kota-kota pesisir di berbagai belahan dunia,” jelas pendiri OOPEAA, Anssi Lassila seperti dilansir deezen.com, Selasa (10/07).

Tantangan bagi OOPEAA adalah mengembangkan konsep ini agar dapat diadaptasi dan diskalakan sesuai dengan karakter lokasi mana pun di dunia. Sistem modular dapat diubah menyesuaikan dengan kebutuhan lokal dan perubahan musiman di negara/kota yang akan memakai konsep ini.

Baca juga: 5 Karya Megah Arsitektur Peradaban Kuno

Struktur akan dibuat menggunakan kayu yang dilapis silang, yang menawarkan fleksibilitas dan keberlanjutan. Setiap situs juga akan dilengkapi dengan kotak peralatan khusus yang telah dipabrikasi, termasuk seluncuran air, platform menyelam, sauna periskop, dan panggung acara yang dapat dibongkar pasang.

Floating Sea Pools pertama OOPEAA akan dibangun di Oulu, sebuah kota di Finlandia utara, pada akhir musim panas 2019. “Ini adalah kesempatan menarik bagi kami untuk membangun kolam renang luar ruang sepanjang tahun dalam kondisi utara seperti itu,” kata Lassila.

Setiap kompleks akan diatur di dua struktur terpisah, dengan ruang terbuka yang besar. Satu struktur berisi sauna dan spa, serta area umum dan kamar yang bisa disewa untuk acara pribadi. Struktur lainnya terdiri dari restoran dan kafe.

Baca juga: Ekstrim, Rumah Mewah Ini Berada di Tepi Jurang

Keduanya menampilkan tangga terbuka besar yang menciptakan ruang di mana orang dapat mengumpulkan dan mengamati pemandangan laut dan kota serta mengamati kegiatan di kolam renang.

Sauna akan berlokasi di tingkat loft, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan ke laut, dengan tetap menjaga privasi mereka.

Share this news.

Leave a Reply