Melihat Lebih Dekat Karya Fenomenal Andra Matin di Bandung

PROPERTY INSIDE – The IH Residence adalah salah satu karya arsitek Indonesia Andra Matin yang fenomenal. Terletak di Bandung, kota dengan iklim yang sejuk dan segar, proyek ini memiliki luas tanah yang cukup besar, sekitar 5.600 m2, dirancang oleh sang arsitek menjadi tempat tinggal keluarga.

Rumah memiliki cukup banyak fungsi, dengan tetap mempertahankan luasnya lanskap. Dibangun di lingkungan dengan kepadatan rendah, sehingga memungkinkan untuk membuat rumah yang terpisah untuk keluarga.

AndramatinThe IH Residence dirancang Andra memanjang dan miring dari selatan ke utara. Bagian ketiga dari tanah tersebut berfungsi sebagai area layanan di depan lokasi, dan ruang bawah tanah yang tenggelam 3 meter lebih rendah dari bagian utama rumah.

Desain mengikuti sifat situs memanjang dengan membangun massa besar panjang di tengahnya, melepaskannya dari dinding situs untuk mendukung ventilasi silang di sepanjang bangunan.

Andramatin IH ResidenceMassa bangunan yang besar diimbangi dengan ukuran teras, balkon, dan kolam renang yang optimal yang dibangun di seluruh perimeter. Dalam upaya untuk membuat massa lebih ringan, fasad didominasi oleh kaca bening yang juga membantu menyambut pemandangan indah di sekitar situs ke interior.

Bandung memiliki curah hujan yang tinggi setiap tahun, sehingga untuk menghadapi hujan dan menghindari sinar matahari langsung, rumah memiliki set atap yang luas yang dapat mencapai 6 meter.

Andamatin IH ResidenceKarena lokasi, sirkulasi dirancang secara progresif dengan menggunakan landai panjang, sementara koridor panjang dibantu dengan kolam pantulan dan pemandangan lansekap langsung. Area hijau di dalam situs bisa mencapai hampir sebesar rumah.

Melalui sifat miring dari situs, bangunan menggunakan lansekap untuk keuntungannya sendiri dengan bermain-main menekankan ketinggian yang berbeda dalam ruang dan berbagai sirkulasi. Bagian utara situs lebih tinggi daripada situs lainnya, mendefinisikan bangunan utama dengan melampirkannya, dan masih menciptakan keintiman tertentu di dalam situs.

Andramatin IH Residence 2Photograph: Mario Wibowo

Archdaily

Share this news.

Leave a Reply