Dukung Entrepreneur Muda, Gradana Siapkan Dana Talangan Sewa Ruang Usaha

By 24 February 2018Mortgages, News

PROPERTY INSIDE – Setelah meluncurkan fasilitas pendanaan untuk uang muka kepemilikan rumah dan berbagai properti lain, perusahaan start-up (rintisan digital) lokal Gradana.co.id kini menyediakan. produk Grasewa, layanan terbaru khusus untuk membantu penyewa dalam pembiayaan sewa properti.

Produk Grasewa, menawarkan kemudahan pada penyewa properti dapat membayar sewa dengan dicicil per bulan dan tidak perlu lagi membayar biaya sewa hingga satu tahun di muka. Untuk pembayaran ruko untuk tempat usaha atau apartemen untuk tempat tinggal, misalnya, kini dapat dijadikan variabel pengeluaran bulanan.

Calon penyewa juga dapat memilih sendiri dan menginformasikan kepada Gradana unit properti yang dikehendaki dan berlaku untuk ruko, rumah atau apartment yang terletak di Jabodetabek dan Bandung. Talangan dana sewa ini juga turut membantu para anak muda berjiwa entrepreneur yang sedang merintis bisnis dan membutuhkan dana segar untuk menyewa ruang usaha.

Komisaris Gradana, Freenyan Liwang mengatakan, Grasewa sangat membantu kelompok milenial yang sedang merintis usahanya untuk dapat menekan operational cost di awal menjalankan bisnis. “Kita paham bahwa kebutuhan ruang kantor yang kondusif dan terjangkau sangat vital saat merintis bisnis.”

“Persoalannya adalah, tempat-tempat seperti ini, seperti ruko misalnya, kerap menuntut biaya sewa yang tinggi dan harus dibayar satu hingga dua tahun di muka. Tentu ini memberatkan bagi mereka yang baru memulai bisnis. Karena itulah Grasewa hadir sebagai solusi praktis pengusaha muda di Indonesia,” jelas Freenyan.

Freenyan menjelaskan bahwa Grasewa menyediakan fasilitas talangan untuk satu tahun ke depan sehingga penyewa tidak perlu menyiapkan dana besar di awal untuk kepentingan sewa properti, baik perkantoran maupun tempat tinggal.

Pemilik properti kini dapat lebih mudah pula mendapatkan penyewa dengan mendaftarkan properti mereka untuk dibiayai dengan skema Grasewa. Mereka tetap mendapatkan uang sewa satu tahun di muka dari Grasewa, namun penyewa mencicil bulanan lewat Gradana.

“Jika pun ada yang ingin sewa hanya enam bulan saja, kita tetap melayani asalkan dari pihak pemilik properti setuju,” lanjut Freenyan.

Platform Investasi

Mantan Presiden Direktur Bank Sinarmas Tbk tersebut menambahkan, Grasewa sebagai platform P2P juga menjadi alternatif investasi bagi masyarakat luas. Saat ini Gradana memiliki dua jenis produk, yaitu GraDP dan Grasewa. Untuk layanan GraDP ditujukan untuk program cicilan DP rumah tanpa bunga, sementara Grasewa khusus untuk diluncurkan untuk pembiayaan sewa properti.

“Pendana (lender) bisa memulai investasi dari modal yang sangat kecil, misal hanya dua juta rupiah saja. Adapun yield per tahunnya bisa mulai dari 9 persenan hingga 15 persenan. Ini jelas lebih tinggi dari bunga deposito yang ditawarkan bank,” tegasnya.

Selain menyasar segmen milenial yang sedang merintis usaha, Grasewa juga dibutuhkan bagi mereka yang ingin mencari tempat tinggal yang nyaman di tengah kota tanpa harus khawatir biaya yang tinggi sebelum mereka siap untuk membeli rumah sendiri ataupun dalam kasus tertentu sebagai rumah kedua di hari kerja. Apalagi jika hanya ingin menyewa dalam jangka waktu yang relatif pendek.

“Rumah-rumah di tengah kota biasanya menetapkan durasi sewa minimal dua tahun dan bahkan ada yang tiga tahun. Padahal kebutuhan setiap orang berbeda-beda, tidak semua ingin menyewa selama bertahun-tahun.”

“Karena itu, kami mengajak para pemilik properti perorangan maupun korporat untuk bekerjasama sebagai mitra Grasewa dalam menyediakan properti yang bisa disewa secara kustom, sesuai kebutuhan penyewa,” ujar Freenyan.

Gradana melalui program GraSewa juga mempersiapkan para penyewa sehingga lebih siap untuk membeli ketika mereka sudah siap. Historis pembayaran yang baik selama masa penyewaan akan dijadikan sebagai faktor approval credit scoring apabila suatu hari nanti mereka ingin membeli dan mencicil unit properti melalui GraDP.

Share this news.

Leave a Reply