Kunci Sukses Sales & Marketing Properti ala Anna Dharmadji

By 25 February 2018In Depth, News

PROPERTY INSIDE – Berkarir di industri properti sejak 25 tahun lalu, dan bisa dibilang kalau dirinya adalah pakar pemasar properti kelas atas. Sebagian besar proyek yang pernah ditangani Anna Dharmadji adalah properti residensial high end.

Background dari Sales & Marketing Director PT Arzu Utama Realty (unit bisnis properti Tolaram Group,-red) ini sebenarnya di bidang accounting, dan bahkan sempat bekerja dan berkarir di bidang itu. Namun, bagi Anna bekerja di belakang meja bukanlah passion dirinya.

Anna menemukan tantangan yang menarik di dunia properti. Menurutnya, industri inilah yang paling sesuai untuk pengembangan wawasan dan juga networking. Anna lama berkarir di perusahaan konsultan properti Procon Indah dan Jonas Lang LaSalle. Sebagai konsultan, selama 19 tahun Anna membantu pengembangan strategi dan pemasaran banyak perusahaan-perusahaan properti ternama.

Sejak 2013 lalu, dirinya menemukan tantangan baru untuk terjun langsung mengaplikasikan ilmu marketing dan networking development di sisi developer. PT Lippo Karawaci Tbk, adalah perusahan developer yang menjadi kiprah pertamanya dalam mengembangkan karir di luar perusahaan konsultan properti. Anna juga sempat menjabat sebagai Marketing Director di Yarra Group sebelum bergabung dengan Tolaram Group.

“Saya memang menyukai desain-desain residensial mewah. Saya lebih memilih barang-barang yang bagus dan berkualitas, dan menjadi suatu kebetulan kalau sebagian besar proyek yang saya tangani adalah properti kelas atas,” kata dia.

Mulai dari berbagai apartemen, villa super mewah di Bali, rumah mewah di Manteng dan Kebayoran Baru, sampai cluster residential di Jakarta Selatan pernah menjadi proyek andalannya selama berkarir di Procon Indah/ JLL.

“Walaupun demikian bukan berarti bila ada tantangan untuk memasarkan properti kelas menengah ke bawah akan saya tolak. Demikian juga untuk memasarkan properti komersial, seperti office dan retail. Tantangan baru dan sesuatu yang beda membuat hidup lebih berwarna. Kita akan merasa tertantang untuk mencari strategi baru, mempelajari lagi target market yang beda supaya penjualan sukses”.

“Saya lihat, dunia sales dan marketing properti ini sangat menarik, dinamis, penuh tantangan dan tidak monoton. Kita bisa membangun jaringan yang luas di sini, bertemu banyak orang, baik pembeli, agen-agen properti, konsultan-konsultan penunjang pemasaran dan proyek, ataupun sesama rekan pengembang. Dengan demikian kita bisa mendapat ilmu baru dari berbagai macam latar belakang dan pengalaman orang-orang yang kita temui,” ungkapnya lagi.

Lama bekerja sebagai konsultan properti ternama dunia dan juga mempunyai pengalaman bergabung dengan developer -besar di Indonesia merupakan keuntungan besar dalam menapaki karirnya.

“Dengan demikian saya mempunyai pengalaman berinteraksi dengan para pemilik berbagai proyek sebagai klien saya. Saya bisa memiliki pengalaman menangani berbagai macam proyek. Yang besar, yang kecil, yang dibangun sampai selesai ataupun yang pengembangnya gagal ditengah jalan” ucapnya.

Bergabung dengan Lippo membuatnya bisa mengetahui bagaimana complicatednya dari merancang suatu proyek dari tanah sampai siap dipasarkan. Dari permit sampai arsitek dan konsultan pembangunan sampai konsultan marketing dan agen. “Dari hulu sampai ke muara lah istilahnya. Dan ini bisa menjadi bekal kalau suatu saat saya dikasih rejeki punya proyek sendiri”

Dirinya meyakini, bisnis properti adalah bagaimana sang pengembang mampu memahami kebutuhan dan kemampuan pasar. Juga di saat sekarang ini, komitmen pengembang sangat diperlukan untuk kelancaran penjualan dan kesuksesan proyek. Nama baik pengembang sangat perlu dijaga bila ingin proyeknya bisa sukses.

Menurut Anna, sekarang adalah jaman “Buyer Market” tidak seperti jaman keemasan lalu dimana pembeli yang berebutan membeli apartemen yang supplynya terbatas. Sekarang pembeli adalah raja dan mereka sudah lebih kritis dan pandai dalam memilih produk mana yang bagus, pengembang mana yang bonafid dan bisa mendatangkan keuntungan investasi.

Share this news.

Leave a Reply