Memaksimalkan Estetika & Fungsi Tangga

By 25 February 2018Design, News

PROPERTY INSIDE – Rumah dua lantai atau lebih memang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan tangga yang menghubungkan antar lantainya. Dulu tangga hanya menjadi salah satu elemen penghubung antar lantai tersebut, namun seiring perkembangan zaman, bentuk dan model tangga menjadi semakin bervariasi, menyesuaikan banyaknya kebutuhan pemilik rumah.

Rumah berlantai lebih dari satu tidak lagi sekadar mencerminkan status sosial si pemilik, tetapi telah menjadi suatu kebutuhan karena luas lahan yang semakin menyempit.

Bermacam jenis tangga bisa dipilih, sesuaikan saja dengan kebutuhan dalam rumah. Tangga juga bisa memiliki fungsi ganda. Selain menjadi penghubung antar lantai, tangga juga sering dimanfaatkan sebagai kabinet, rak, dan laci.

Tangga merupakan tempat yang cukup luas untuk dijadikan sebagai tempat menyimpan barang, sehingga bisa menghemat banyak pemakaian ruangan. Anda bisa membuat rak biasa seperti bufet atau atau model kabinet seperti almari pakaian.

alt text
Tangga dengan rak konvensional biasanya terasa sulit dijangkau. Lebar tangga yang bisa mencapai 1 meter menyulitkan Anda untuk mengambil barang-barang di dalam rak, terutama rak yang paling atas.

Dengan membuat rak geser, Anda tidak perlu lagi mengalami kesulitan tersebut. Rak dan kabinet bisa ditarik keluar sehingga siapapun bisa menjangkau isinya. Berikan roda-roda kecil di bagian bawah agar kabinet lebih mudah ditarik.

Jika tidak ada ruang khusus untuk menyimpan barang-barang tak terpakai, ruang bawah tangga bisa disiasati menjadi gudang mini.

Anda cukup menutup seluruh tepian dan memberikan pintu masuk minimalis. Di dalamnya, berbagai perabotan tak terpakai bisa diletakkan dan digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Tangga spiral, dapat menghemat ruangan dan bisa digunakan di ruang yang sangat sempit sekalipun. Dengan tangga ini, Anda bisa memanfaatkan sisa ruang yang ada untuk meletakkan perabotan lainnya.

alt text
Sayangnya, tangga ini kurang nyaman digunakan jika Anda belum terbiasa. Selain itu, Anda akan kesulitan menggunakan tangga jenis ini untuk memindahkan barang berukuran besar.

Sebagian orang menilai fungsi utama dari tangga adalah untuk menghubungkan lantai bawah dengan lantai atas. Tidak perlu menghias lantai dengan berbagai detail rumit yang mahal. Bahkan handrail atau pegangan tangan pun tidak diperlukan.

Setiap anak tangga diletakkan bertumpu pada dinding. Dengan pilihan warna-warna tegas, tangga seperti ini sangat cocok untuk rumah minimalis.

Namun, bila Anda memiliki anak-anak, alternatif ini sebaiknya tidak digunakan. Jika memilihnya, Anda harus pastikan ukuran setiap anak tangga sudah sesuai standar keamanan, setidaknya 1 meter.

alt text
Bagi Anda yang mengidolakan desain minimalis dan tetap menginginkan keamanan, tangga model minimalis dengan handrail adalah pilihan yang tepat. Tangga model ini terlihat sangat sederhana namun tetap berkelas.

Tangga minimalis tanpa handrail tidak memiliki pola yang rumit dan terlihat nyaman. Sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Share this news.

Leave a Reply