Menghadirkan Mushola di Rumah Kecil

By 3 June 2019Design

PROPERTY INSIDE – Menempatkan ruang sholat atau Mushola di dalam rumah tidak harus selalu dibuat dalam ruang tertutup. Bagi Anda yang ingin membuat mushola dalam rumah, bisa menggabungkannya dengan ruangan lain agar lebih menghemat ruang.

Ini bisa menjadi solusi rumah dengan lahan yang minim, misalnya denah rumah Anda terdiri dari 3 kamar tidur dan 1 mushola yang menyatu dengan ruang komunal seperti ruang keluarga. Tidak berarti akan terganggunya kekhusukan ibadah di mushola.

Cobalah untuk memisahkan antara zona mushola dan zona ruang keluarga dengan menggunakan sekat ruangan dekoratif. Nilai tambahnya, sirkulasi udara akan lebih lancara dengan desain seperti ini.

Baca juga: Tips Praktis Menerapkan Konsep Interior Bernuansa Islami

Ada beberapa ide mendesain mushola dalam rumah, misalnya menjadikannya sebagai ruang transisi antara dua area. Untuk rumah yang terdiri dari 3 kamar tidur dan 1 mushola, dimana 2 kamar tidurnya ditempatkan di bagian belakang rumah, sedangkan kamar yang satunya lagi ditempatkan di lantai atas yang jauh dari hiruk pikuk segala kegiatan yang ada di dalam rumah.

Tujuan dari ditempatkanya satu kamar tersebut adalah untuk meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan privasi. Ditempatkannya mushola pada bagian belakang dapur adalah sebagai ruang transisi yang memisahkan dua area dengan fungsinya yang berbeda yaitu area privasi dan area komunal.

Baca juga: Tips Menata Rumah saat Lebaran

Atau bisa juga memposisikan mushola di lantai atas, jika rumah Anda dua lantai. Desain ini merupakan organisasi ruang secara konvensional.  Udara di sekitar mushola akan terasa lebih sejuk, karena letaknya biasanya kita tempatkan dekat area void rumah dan ruang laundry terbuka. Dengan menggunakan desain ini kemungkinannya ibadah akan semakin khusyuk.

Untuk memberi keluasan dan keleluasan bergerak saat sholat, sebaiknya hindari meletakkan perabotan dalam mushola Anda. Cukup tempatkan ornamen-ornamen bernuansa Islami agar lebih indah. Seperti kaligrafi yang bertuliskan nama Allah dan Muhammad, penggalan ayat suci Alquran, hadits dan doa-doa.

Jika memang Anda memerlukan perabotan untuk menyimpan sajadah, mukena, tasbih, Alquran dan lainnya maka sebaiknya letakkanlah satu lemari kecil saja. Letakkan lemari tersebut di area belakang atau dekat dengan pintu masuk.

Share this news.

Leave a Reply