Hadapi Corona, Pemerintah Bantu DP & Bayar Selisih Bunga KPR Subsidi

By 24 March 2020News

PROPERTY INSIDE – Presiden Joko Widodo telah menyampaikan langkah-langkah kebijakan bantuan sosial kepada masyarakat dalam rangka menghadapi pandemi virus Corona (COVID-19). Diantaranya adalah mengenai KPR Bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dalam konferensi pers yang disiarkan langsung YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/03) Presiden mengatakan bahwa pemerintah memberikan dua stimulus bagi masyarakat MBR yang sedang mencicil KPR Subsidi dan yang akan mengambil kredit KPR Subsidi.

Baca juga: Realisasi Dana Subsidi Perumahan Hingga 20 Maret 2020 Mencapai 10.527 Debitur

“Kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang sedang melakukan kredit kepemilikan rumah bersubsidi, pemerintah juga memberikan dua stimulus yaitu pemerintah memberikan subsidi bunga selama 10 tahun Jika bunga di atas 5% maka selisih besaran bunganya akan dibayar pemerintah.”

“Pemerintah juga akan memberikan subsidi bantuan uang muka bagi yang akan mengambil kredit rumah bersubsidi. Anggaran yang disiapkan Rp 1,5 triliun,” jelas Presiden dalam konferensi pers via Channel Youtube itu.

Dalam kesempatan itu Presiden mengarahkan sembilan kebijakan terkait penanggulangan pandemi corona. Presiden juga memerintahkan untuk memperbanyak program padat karya tunai guna menanggulangi dampak ekonomi akibat virus corona ini.

Baca juga: Imbas Corona, REI DKI Minta Penundaan Hutang Pokok & Keringanan Bunga Bank Hingga Desember 2020

“Keempat, saya telah memerintahkan agar program padat karya tunai, sekali lagi program padat karya tunai harus diperbanyak, harus dilipatgandakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan dan penularan COVID-19 yaitu dalam bekerja harus menjaga jarak yang aman.”

“Program padat karya tunai di berbagai kementerian, seperti Kementerian PUPR, Kemenhub, Kementan, Kementerian KKP harus segera dieksekusi. Dana Desa dan program-program pemda, provinsi, kabupaten dan kota juga harus mengutamakan cara-cara padat karya. Ini akan membantu masyarakat, membantu para petani, para buruh tani, para nelayan di pedesaan di seluruh tanah air,” perintah Presiden.

Presiden juga mengapresiasi gerakan masyarakat yang telah turun mensosialisasikan memasyarakatkan physical distancing (jaga jarak aman), yang terus mengingatkan semua untuk berdisiplin.

Share this news.

Leave a Reply