Bagaimana Cara Blockchain Mengubah Wajah Bisnis Properti?

PROPERTY INSIDEBlockchain, teknologi digital ini mulai menunjukkan potensinya untuk mendisrupsi berbagai industri, termasuk bisnis properti. Lantas mengapa teknologi ini menjadi sangat menarik?

Blockchain dapat mendesentralisasikan transaksi dan menghapus perantara. Dalam bentuk yang paling murni, itu seperti buku besar digital di mana pengguna dapat mencatat transaksi yang tidak dapat disensor dan dapat diakses oleh publik. Catatan ini pada blockchain dapat mencakup informasi terkait properti tertentu seperti detail kepemilikan, alamat, dan pembebanan.

Baca juga: Siap-siap Proptech Indonesia, JLL akan Kuncurkan Dana Ventura $100 juta

Bayangkan saja bagaimana property cryptocurrency dapat disimpan bersama semua barang material Anda lainnya di dompet digital yang aman. Menjual aset ini juga bisa lebih mudah melalui pasar online yang aman di mana transaksi diverifikasi, dilacak, dan dicatat pada blockchain yang tidak dapat diubah.

Blockchain dapat membantu memfasilitasi transaksi yang lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah bagi pemilik rumah dan pencari rumah. Transaksi dalam industri ini rumit, dan mahal, ditambah lagi partisipasi beberapa perantara seperti calo, firma hukum dan sejenisnya.

Sering kali perantara ini memiliki kepingan informasi tertentu yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan. Dengan memperkenalkan blockchain ke industri real estate, birokrasi seperti ini dapat diberantas.

Baca juga: Proteksi Smart City dengan Blockchain dan IoT

Ambil contoh untuk membeli properti misalnya. Mulai dari proses penjualan, memeriksa transaksi terakhir yang ditransaksikan, berinteraksi dengan pemilik, bahkan untuk memeriksa status hukum properti tersebut, semuanya dilakukan oleh banyak pihak atau perantara yang berbeda.

Dan dibutuhkan waktu dan uang yang tidak sedikit untuk memfasilitasi transaksi penjualan dan pembelian tersebut. Bukankah lebih baik menghemat waktu dan uang hanya dengan satu klik tombol?

Dengan blockchain, semua yang Anda butuhkan untuk melanjutkan transaksi adalah kontrak cerdas berkode yang mempertimbangkan semua kebutuhan Anda, mulai dari persyaratan pembiayaan, aturan hukum, dan lain-lain.

Baca juga: Catat..!! Proptech Menyediakan Marketing Tools, Bukan Meniadakan Agen Properti

Cryptocurrency dapat melakukan transaksi rumit itu, dan jika Anda benar-benar ingin membelinya, tinggal melakukannya dengan sebuah “klik” saja. Beberapa organisasi di Eropa dan AS sudah bereksperimen dengan transaksi real estat melalui blockchain, dan itu berhasil.

Mungkin memang kedengarannya terlalu futuristik. Tetapi itu tidak berarti kita menutup mata terhadap implikasi dan manfaat yang ditawarkan teknologi ini. Suka atau tidak, kemajuan teknologi akan terus terjadi.

Dengan perubahan gaya hidup, orang-orang berharap teknologi membuat hidup mereka lebih mudah. Kebutuhan pelanggan saat ini menuntut para pebisnis untuk membentuk bagaimana bisnis dapat berjalan dengan produk dan layanan inovatif.

Di Singapura, pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang tegas dan menentukan untuk berinvestasi dalam teknologi karena semakin mendorong untuk strategi Smart Nation. Memimpin dengan memberi contoh, pemerintah telah berkomitmen untuk meningkatkan dan menyederhanakan e-services platforms (layanan publik secara digital).

Baca juga: Asia Pasifik, Potensi Besar Industri Properti Digital

Dengan cara yang sama, sektor real estate mendapatkan Industry Transformation Map sendiri yang berfokus pada peningkatan produktivitas, mendapatkan keterampilan baru, dan memasuki arena pertumbuhan.

Tetapi menerapkan teknologi dan mencapai efisiensi juga berarti perpindahan tenaga kerja, realokasi, dan pelatihan ulang, dan peluang pembelajaran baru, ini adalah resiko saat kita menerima perubahan.

Memang akan banyak profesi terancam dengan datangnya teknologi ini, namun evolusi semacam itu tidak dapat dihindari. Tinggal bagaimana para penjual, broker dan firma hukum (Notaris) menyesuaikan cara mereka bersahabat dengan teknologi baru dan ikut serta berevolusi.

Gunakanlah teknologi digital seperti ini menjadi marketing tools yang memberi banyak manfaat. Menciptakan efisiensi yang mengurangi cost dan berbagai ongkos promosi sehingga Anda dapat menghemat banyak tenaga, waktu dan uang.

Share this news.

Leave a Reply