Tol Japek II, Siap Sambut Libur Akhir Tahun

By 1 November 2019Info PUPR

PROPERTY INSIDE – Proses pekerjaan Jalan Layang Tol Jakarta – Cikampek (Japek II) sepanjang 34,6 kilometer akan dipercepat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap beroperasional sesuai jadwal yang ditentukan.

Jalan Tol Japek II dibangun pemerintah untuk memperlancar arus barang dan mendukung kegiatan masyarakat kawasan metropolitan Jabodetabek yang saat ini sudah sangat padat.

Menteri Basuki Hadimuldjono mengatakan selesainya tol ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat karena akan menunjang kelancaran mobilitas angkutan logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok ke 3 kawasan industri di Cikarang, Karawang dan Cibitung.

Baca juga: Cileungsi, Sunrise Property Yang Kian Seksi

Selain itu akan memperlancar arus lalu lintas dari Jakarta ke arah Bandung dan ke arah Tol Trans Jawa. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, arahan Bapak Menteri PUPR, Tol Japek II agar selesai sesuai jadwal.

“Karena harus segera dioperasikan akhir November atau awal Desember 2019 supaya bisa digunakan pada libur akhir tahun untuk memperlancar  mudik Natal dan Tahun Baru mendatang,” terang Danang.

Baca juga:  Menteri Suharso: Peran Bappenas Sebagai Clearing House

Adanya Tol Layang Japek II akan menambah kapasitas Tol Japek yang ada dibawahnya serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh.

Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh  terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek II.

Selain itu, Kementerian PUPR bersama Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan rangkaian uji beban pada Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II.

Baca juga: Royal Tajur, Tawarkan Tipe Bradfield Dengan Harga Terjangkau

Pengujian beban pertama dilakukan pada Rabu malam (2/10/2019) di ruas KM 39 yang memiliki bentang jembatan sepanjang 75 meter dengan menggunakan 16 truk berbobot masing-masing 40 ton terdiri dari uji statis dan dinamis.

Pengujian beban ke dua dilakukan pada Senin malam (7/10/2019) pada Ruas KM 19. Pengujian beban ke tiga dilakukan pada Selasa (15/10/2019) pada Jembatan KM 10 dan pengujian beban terakhir pada Selasa malam (29/10/2019) pada jembatan di area 2 (P194 – P197) KM 22.

Share this news.

Leave a Reply