Imbas Corona, Open House Properti Stop, Berganti Virtual Reality

PROPERTY INSIDE – Teknologi virtual reality akan kembali menjadi pilihan para konsumen properti di tengah maraknya wabah virus corona. Visit dan open house properti secara langsung kini menjadi pertimbangan banyak konsumen dan bukan pilihan tepat saat pandemic global.

New York Post pada Selasa (17/03) melaporkan bahwa berbagai belahan dunia telah menutup pintu open house, tetapi membuka peluang jendela digital; yakni tur rumah secara virtual, akibat virus covid-19 ini.

Para broker properti di New York, menyebutkan bahwa ketika wabah penyakit baru ini menyebar secara global, pasar properti di New York juga terkena dampaknya. Pihak pembeli dan penjual sama-sama membatalkan open house.

Baca juga: PropertyInside Virtual Reality Portfolio Project 

Sebagai alternatif untuk melihat subyek properti secara langsung, beberapa agen beralih ke teknologi, menawarkan pembeli aplikasi tur virtual. Ideal Properties Group yang berbasis di NYC meluncurkan listing virtual yang disebut Showings on Demand.

Salah satu agen menjelaskan, biasanya pengalaman virtual disediakan untuk rumah besar dan mewah, di mana pemilik tidak ingin orang berlalu-lalang di apartemen mereka, atau properti itu menargetkan orang asing yang berlokasi jauh. Namun saat ini dia mulai menawarkan tur 3-D untuk kelompok rumah yang lebih murah.

Baca juga: Virtual Reality 3D Tour

Sejumlah penyedia listing rumah secara remote ini melihat bisnis mereka berkembang. Dilaporkan satu perusahaan real estat, Sky Blue Media, yang menyediakan tur virtual di Washington, DC menyatakan ada peningkatan permintaan untuk tur yang lebih detil, demikian menurut New York Post.

Laporan Halstead’s Open House index menunjukkan bahwa traffic telah turun 15% pada dua minggu lalu, saat ketakutan atas virus corona melanda New York, dan turun lagi 14% di akhir pekan lalu. Laporan itu juga menyebut bahwa terjadi gejolak di pasar saham, dan bukan hanya kekhawatiran kontraksi ekonomi, harus diperhitungkan sebagai salah satu faktornya.

Share this news.

Leave a Reply