Nasabah KPR BTN Bisa Ajukan Permohonan Restrukturisasi Secara Online

By 12 April 2020Mortgages

PROPERTY INSIDE –  BTN telah memberikan kemudahan kepada para nasabah KPR mereka yang terdampak pandemi COVID-19 dengan membuka peluang restrukturisasi kredit.

Direktur Finansial, Perencanaan, & Treasuri BTN Nixon L. P. Napitupulu menjelaskan permohonan restrukturisasi tersebut diajukan oleh debitur melalui restrukturisasi online (daring) yang disiapkan perseroan.

Baca juga: BTN Revisi Target Pertumbuhan Kredit Tahun 2020

Melalui sistem daring tersebut, debitur BTN yang mengajukan permohonan restrukturisasi tidak harus datang ke kantor cabang tempat mereka mengajukan kredit, namun melalui www.rumahmurahbtn.co.id.

“Setelah terbitnya POJK tentang relaksasi kredit bagi debitur terdampak COVID-19, BTN telah membuka diri untuk memberikan kebijakan restrukturisasi kredit bagi debitur yang kreditnya dibiayai perseroan dan terdampak virus tersebut sehingga terganggu kemampuan bayarnya,” jelas dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (12/04).

Nixon mengatakan, pihaknya saat ini terus mengklasifikasi permohonan restrukturisasi dari nasabah yang terdampak situasi pandemi COVID-19. Sebanyak 17.000 nasabah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang terdampak situasi pandemi COVID-19 sudah direstrukturisasi hingga pekan ini.

“Sudah ada 17.000 lebih debitur yang pinjamannya sudah dilakukan restrukturisasi. Yang mengajukan permohonan restrukturisasi angkanya puluhan ribu,” ujarnya.

Baca juga: Incar Sentra Ekonomi Baru, BTN Buka Kantor Di Bekasi

Hingga kini, kata Nixon, BTN memiliki hampir dua juta debitur dengan saldo pokok dari plafon pinjaman (baki debet) lebih dari Rp250 triliun. Adapun, belasan ribu permohonan restrukturisasi ke perseroan tersebut mencatatkan total baki debet sekitar Rp2,7 triliun.

“Jumlah tersebut mencakup debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi dan keseluruhannya di bawah Rp10 miliar sesuai ketentuan OJK,” ujar Nixon.

Namun, Nixon menegaskan tidak semua debitur dapat menikmati kebijakan tersebut. Hal tersebut sesuai arahan pemerintah di mana hanya diberlakukan bagi debitur yang benar-benar terdampak COVID-19. “Oleh karena itu bank perlu melakukan klasifikasi dan kami sudah lakukan itu,” katanya.

Share this news.

Join the discussion 25 Comments

  • Sutarmin says:

    Ingin mengajukan restrukturisasi

  • Rani Marlina says:

    bagaimana cara ingin mengajukan restrukturisasi

  • Musardi says:

    Bagai mana cara mengajukan restrukturisasi

  • Herman says:

    Ingin mengajukan restrukturisasi

  • Eva simponi says:

    Gimana cara mengajukan restruk

  • Muhamad says:

    Saya coba relaksasi online melalui
    Wwwrumahmurah kok gak pernah bisa
    Gimana caranya

  • Mengajukan rektorisasi

  • Amanda says:

    Sudah mengajukan restrukturisasi dari tgl 20 april 2020 tapi belum dapat tlpn sampai sekarang. Bahkan sudah sampai tgl jatuh tempo pembayaran. Saya sudah tlpn ke bank BTN untuk menanyakan prosesnya sampai mana.
    Mereka bilang disuruh tunggu tlpn maksimal 1 bulan. Dan untuk pembayaran yg sudah jatuh tempo di abaikan saja dulu dan tidak akan dikenakan denda. Apakah benar?

  • MENGAJUKAN RELAKSASI PENUNDAAN PEMBAYARAN OLEH KARNA COVID 19 ( KORONA)

  • Agus Safei says:

    Mengajukan restrukturisasi penundaan pembayaran angsuran KPR BTN karena covit 19 (corona)

  • Andreas says:

    Saya SDH mengirim online dr 1 blm yg lalu.tp TDK ada follow-up.

  • Ika dewi kartika says:

    Mengajukan relaksasi penundaanpembayaran kpr karena terdampak copid 19

  • Ika dewi kartika says:

    Saya ingin mengajukan restrukturisasi

  • yustina hartanti says:

    sudah saya ajukan berkas sudah sampai BTN batam(kepri) tapi blm ada panggilan,,mohon y pak secepatnya diproses

  • Iswanto says:

    Ajukan penangguhan

  • Nunung says:

    Saya juga sama sudah mengajukan penanguhan dr bulan april tapi masih ditelp pihak btn suruh membayat tunggakan, sdgkan sya dan suami bekerja di otomotif yg bener terdampak covid ini,
    Ditelp tiap hari oleh pihak bank btn suruh membayar tunggakan

  • Junaidi says:

    Bagai mana cara nyaaa….saya gak paham pakai aplikasi. Berkas uda saya serah kan sama petugas pihak BTN JAMBI.

  • roy apriyanto says:

    gimana cara mengajukan nya

  • Fatrina mulyanti says:

    Saya juga sudah mengajukan permohonan penangguhan terdampak covid dari bulan April tapi belum ada dihubungi dari pihak bank apakah diacc atau tidak dari pusat sana terus menelpon untuk membayar tunggakan KPR. Yang ditelpon justru nomor hp ibu saya. Padahal no saya aktif. Dan no saya tidak pernah dihubungi semenjak saya mengajukan permohonan covid bagaimana saya harus membayar soalnya sekolah saja belum aktif…saya berjualan dikantin sekolah…saya mohon pertimbangan dari pihak bank diaccnya ajuan saya. saya tak berdaya semenjak covid untuk membayar tunggakan. Untuk sehari2 saja saat ini suami saya mengojek dan dibantu sembako sama pemerintah. Saya mohon pertimbangannya dari BTN pusat untuk meringankan saya dan semua yang terdampak covid. InsyaAllah apabila sudah aktif semua pasti saya bayar karena saya tidak pernah tertunggak sebelumnya sebelum covid ada..Terima kasih sebelumnya sudah membaca komentar saya 🙏

  • Ruby Rianto says:

    Saya sudah mendatangi Bank BTN di Kota Mataram untuk mengajukan penundaan pembayaran cicilan. info dari pihak bank akan diberikan penundaan selama 6 bulan( 6x cicilan), tetapi bunganya tetap berjalan yg selama 6 bulan tersebut dan akan dimasukan ke dalam jumlah sisa pokok hutang. jadi pada intinya jumlah sisa hutang saya akan ditambahkan oleh bunga selama 6 bulan (apabila bunga selama 6 bulan adalah 9 jt maka pokok hutang ditambah 9 Jt). mohon masukannya apakah seperti ini mekanismenya

  • Arman says:

    SAYA DARI BULAN APRIL MENGAJUKAN TP TDK DIRESPON ,MALAHAN ADA PEMBERITAHUAN UNTUK DILAKUKAN PEMBAYARAN….

  • Ani rusiani says:

    Masih bisakah mengajukan relaksasi penundaan pembayaran rumah BTN…

  • yeni says:

    saya juga mengajukan restrukturisasi kpr per 1 april 2020 , info nya proses 15 hari kerja , tagihan sementara menunggu proses diabaikan (jadi saya tidak byr april hingga july) , 2 hari lalu (selasa 21 July ada surat dari BTN bahwa saya dengan segera harus lunasi tunggakan 3 bulan kebelakang , sementara proses restrukturisasi saya diterima atau tidak belum ada kabar … mohon penjelasan Bapak / IBu di BTN .. apakah saya harus mendatangi kantor kcp saat saya restrukturisasai ? mohon bantuannya Terima Kasih

  • Irwansyah hanafie says:

    Bagaimana cara mengajukan penangguhan KPR rumah saya

  • Irwansyah hanafie says:

    Tolong lah saya gimana cara utk mendapatkan penangguhan KPR rumah daya

Leave a Reply