Rumah Subsidi, PPDPP: Tercatat 10 Ribuan Lokasi di SiKumbang

By 18 June 2020Property News

PROPERTY INSIDE – Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan  alias SiKasep adalah salah satu cara pemerintah mempertemukan antara masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), bank penyalur dan juga pengembang.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempermudah MBR mencari unit rumahnya.

Baca juga: Tapera, Inovasi Pembiayaan Rumah Rakyat…???

Di awal pengoperasian SiKasep banyak mendapat kritik dan juga komplein. Mulai dari dari MBR yang merupakan calon konsumen dan juga pengembang yang menyediakan rumah subsidi.

perlahan PPDPP, mengurai dan menyelesaikan ragam kendala yang ada, sehingga menjadi layanan digital yang memudahkan bagi semua pihak yang terkait.

Hingga Kamis (18/6) melalui keterangan pers, PPDP menyatakan data yang terekam pada aplikasi SiKumbang, Sistem Informasi Kumpulan Pengembang yang merupakan bagian dari SiKasep menunjukkan progres yang terus meningkat.

Baca juga: Rumah Subsidi, PPDPP: Hingga Juni 66.633 MBR Menerima FLPP

Tercatat pada pukul 14.20 WIB tadi, jumlah lokasi yang terdaftar pada aplikasi SiKumbang telah mencapai 10.408 lokasi, dengan lokasi yang lolos pengecekan sebanyak 3.273 lokasi dan 1.367 lokasi masih menunggu pengecekan.

Sebanyak 9.547 lokasi data terintegrasi dengan SiKasep (bisa akad) dan 12.193 pilihan rumah yang tersedia. Sedangkan data yang perlu dilakukan revisi oleh pengembang adalah sebanyak 4.908 lokasi.

Adapun hal-hal yang menyebabkan proses pendaftaran tersebut perlu direvisi lagi akibat siteplan latar tidak sesuai, pengesahan siteplan tidak sesuai, tanggal terbit IMB (Izin Mendirikan Bangunan) tidak sesuai, nomor IMB tidak sesuai dan pengesahan IMB tidak sesuai.

Baca juga: 6 JUTA PEKERJA KENA PHK DAN DEVELOPER MULAI ALIH PROFESI | #NGOPI

Menurut Arief Sabaruddin, Dirketur Utama PPDPP, untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan pengembang dalam menginput data rumah dan kavling perumahan di SiKumbang, PPDPP aktif melakukan pelatihan dalam penginputan data.

Setelah melakukan evaluasi awal juni lalu, mulai dari Kamis (18/6) hingga pertengahan Juli mendatang, PPDPP mengadakan pelatihan untuk memasukkan data ke siteplan latar SiKumbang yang diikuti oleh 18 asosiasi pengembang.

Baca juga: Kementerian PUPR Berharap Developer Segera Bangkit

SiKasep adalah pintu utama dalam sistem ini. kemudian ada pintu selanjutnya yaitu SiKumbang yang untuk menyiapkan semua data perumahan yang akan dipilih oleh MBR, data hunian yang dipasarkan untuk MBR.

Pintu ketiga adalah perbankan penyalur Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang melakukan verfikasi dengan sistem host to host. Sedangkan pintu keempat adalah PPDPP yang memproses pengajukan data MBR, menyalurkan dana FLPP, dan memonitoring pelaksanaannya.

Share this news.

Leave a Reply