Selain Ramah Lingkungan, Bahan Bangunan dari Serat Ganja juga Tahan Gempa

By 25 February 2018Building Materials, News

PROPERTY INSIDE – Para kontraktor dan konsultan building dunia yang tergabung dalam wadah asosiasi International Hemp Building Association, terus menggencarkan kampanye penggunaan hempcrete sebagai material utama sebuah bangunan.

Hempcrete atau Hemplime adalah bahan bio-komposit, campuran dari ganja (shives) dan kapur yang digunakan sebagai bahan konstruksi dan isolasi. Dipasaran dunia dikenal juga dengan nama seperti Canobiote, Canosmose, dan Isochanvre.

Hempcrete tidak memiliki kerapuhan beton dan bahan isolasi ringan yang ideal sehingga tidak mudah pecah. Hempcrete juga cocok untuk berbagai macam iklim karena memiliki penggabungan isolasi dengan massa termal.

Hempcrete termasuk material dengan kepadatan rendah dan tahan terhadap tekanan yang membuat keretakan (High Flexural Strength). Sehingga membuatnya sangat sesuai untuk digunakan di daerah rawan gempa.

Yang pasti hemprecete sangat ramah lingkungan di banding batu bata biasa karena memiliki Carbon Positive, yang lebih baik dari karbon netral. Selain itu bahan bangunan ini juga dapat didaur ulang dan digunakan sebagai pupuk.

International Hemp Building Association menyebut beberapa keunggulan Hempcrete, antaralain fire resistant, kedap suara, anti toxic, memiliki insulasi termal dan resisten terhadap tikus dan hama lainnya.

Bahan baku dasar pembuatan hempcrete ini merupakan jenis yang berbeda dari tanaman ganja biasa seperti mariyuana, Hemp adalah salah satu varietas dari pohon Cannabis Sativa L yang di gunakan untuk keperluan industri.

International Hemp Building Association sebagai asosiasi nir-laba beberapa tahun ini memang gencar mendukung produksi dan penggunaan semua bahan bangunan berbasis ganja kepentingan ekologi dan komunitas di seluruh wilayah di dunia.

Share this news.

Leave a Reply