Urbanisasi, Seharusnya Dikelola Agar Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

PROPERTY INSIDE – Paska Lebaran, fenomena urbanisasi terus berulang. Tanpa disadari perpindahan penduduk dari satu kota ke kota lainnya memunculkan masalah perkotaan.

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari satu kota ke kota lainnya. Biasanya perpindahan ini menuju ke kota metropolitan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan lainnya.

Dampak yang dirasakan dari urbanisasi adalah kepadatan kota yang melahirkan permukiman kumuh hingga penyandang masalah sosial.

Baca juga: Gandeng MRT Jakarta, Pasar Jaya Siapkan Konsep TOD Dekat Stasiun MRT

Pengamat Perkotaan, Yayat Supriatna menyatakan bahwa urbanisasi ini menimbulkan efek negatif jika tidak dikelola dengan baik.

“Repotnya, di Indonesia masalah urbanisasi ini tidak dikelola karena setiap 1 persen urbanisasi seharusnya mendorong pertumbuhan ekonomi sebesar 3 persen,” tegasnya saat dihubungi propertyinside.

Ia menambahkan bahwa yang terjadi saat ini seperti di Jakarta pertumbuhan ekonomi karena urbanisasi hanya 1,4 persen, ini karena tidak dikelola.

Baca juga: Juni Ini, Rumah ASN/TNI Polri Groundbreaking Di Palembang

Alhasil salah satu dampak dari urbanisasi adalah kepadatan penduduk yang melahirkan permukiman kumuh. Seharusnya kata Yayat, kotanya harus dikelola sehingga ada pertumbuhan pergerakan ekonomi.

“Saat ini dibiarkan saja tumbuh alami, hanya himbauan dan tidak fokus bahkan tidak ada program penanganan urbanisasi,” imbuhnya.

Untuk itu dalam menyelesaikan masalah urbanisasi ini, Yayat berharap ada langkah terstruktur dari pemerintah pusat atau pun daerah. Dimana urbanisasi terjadi karena tidak adanya peluang ekonomi yang bisa diandalkan di daerah asalnya.

Baca juga: Aturan Harga Jual Rumah Dorong Program Satu Juta Rumah, Semoga.

“Padahal setiap kepala daerah saat kampanya menjanjikan ruang pekerjaan bagi warganya. Ironisnya kota asal hanya membiarkan saja warganya melakukan urbanisasi,” tegas Yayat

Yayat berharap dibentuk sebuah badan atau lembaga yang bekerja untuk mengelola masalah urbanisasi agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Share this news.

Leave a Reply