Semen Indonesia Kembangkan Pabrik Mortar Berkapasitas 375 Ribu Ton

PROPERTY INSIDE – PT Mitra Kiara Indonesia (MKI), perusahaan hasil pengembangan bisnis dari PT Semen Indonesia (Persero), Tbk (Semen Indonesia), memulai pembangunan pabrik mortar baru berkapasitas 375 ribu ton/tahun di Narogong, Gunung Putri, Jawa Barat (29/8).

Pengembangan bisnis ini merupakan bentuk komitmen untuk memenuhi kebutuhan pasar, sekaligus sebagai menjawab berbagai tantangan pada industri bahan bangunan di Indonesia.

Pembangunan pabrik ini diperkirakan selesai dibangun pada tahun 2020, pabrik seluas dua hektar ini akan berdiri di atas lahan milik PT Solusi Bangun Indonesia yang telah dimiliki oleh Semen Indonesia sejak bulan Januari tahun 2019.

Baca juga: Suprajarto Tolak Jabatan Dirut, SP BRI Dan BTN Kirim Pesan Ke Menteri BUMN

Fadjar Judisiawan, Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha, PT Semen Indonesia (Persero), Tbk. mengatakan, sebagai sebuah entitas yang merupakan bagian dari Semen Indonesia, MKI difungsikan untuk menjalankan bisnis pada industri hilir semen.

“Selain itu menangkap peluang lainnya sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha dan menjadi sumber pendapatan baru. Pengembangan usaha memproduksi mortar karena potensinya besar,” tegasnya melalui keterangan pers.

Baca juga: Kuota Rumah Subsidi, Apersi: Gulung Tikar Hingga Turun Ke Jalan

Fadjar menambahkan bahwa potensi tersebut dari sisi produksi maupun dari sisi pasar dan kami optimis bahwa 375 ribu ton mortar yang akan diproduksi tiap tahunnya.

“Produksi ini akan memenuhi kebutuhan 12% pangsa pasar mortar di Indonesia, khususnya wilayah Jawa dan Bali, terlebih lagi dengan melihat masih akan banyak munculnya proyek-proyek pembangunan gedung,” imbuhnya.

Bisnis mortar yang berjalan di bawah manajemen MKI ini tidak menggunakan sistem Original Equipment Manufacturer atau Makloon, di mana mortar dibeli dari perusahaan lain tanpa label, seperti yang dilakukan banyak produsen mortar di Indonesia.

Baca juga: Kuota Rumah Subsidi, Semoga Ada Tambahan 100 Ribu Unit

MKI ingin mengembangkan berbagai inovasi dan menghasilkan produk melalui kontrol kualitas berstandar tinggi sebagaimana telah diimplementasikan oleh Semen Indonesia pada produk semen konvensionalnya.

Selain itu, MKI juga akan memanfaatkan produksi semen konvensional milik Semen Indonesia untuk memenuhi komposisi produksi mortar, sehingga secara keseluruhan akan memberikan keuntungan melalui efisiensi bahan mentah yang digunakan.

Share this news.

Leave a Reply