SiKasep, Hingga 21 Januari 16.769 Debitur Lolos Subsidi Checking

By 21 January 2020Property News

PROPERTY INSIDE – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) kembali mengadakan sosialisasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) di kota Makassar, Sulawesi Selatan (21/1)

Acara ini dikemas dengan tema “Sharing Session Bersama Stakeholder” yang melibatkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar, Bank Pelaksana dan DPD Asosiasi Pengembang dengan tujuan untuk lebih memahami bagaimana SiKasep hadir dan bagaimana cara mengaplikasikannya.

Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin menyampaikan bahwa lahirnya SiKasep adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan rumah yang mereka inginkan, memudahkan pengembang dalam memasarkan rumah subsidi dan juga memudahkan perbankan dalam memverifikasi calon debitur yang akan membeli rumahnya.

Baca juga: Tiga Kota Di Sumsel Siap Ground Breaking Perumahan Komunitas

Arif menambahkan, data hingga Selasa (21/1) sudah terdapat 36.426 masyarakat yang masuk ke dalam aplikasi SiKasep ini. Dari sejumlah yang masuk dalam data ini, terdapat 16.769 calon debitur yang telah lolos subsidi checking.

“Aplikasi SiKasep adalah alat untuk mudahkan bukan menyulitkan. Dari manapun masyarakat bisa langsung mengakses dan menemukan rumah yang diinginkan dan pengembang bisa mengurangi biaya pemasarannya,” ujar Arief melalui keterangan pers.

Arief menambahkan aplikasi SiKasep ini memiliki empat pintu dalam pelaksanaannya. Pintu pertama, yang bisa diakses langsung oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui aplikasi SiKasep.

Baca juga: SiKasep, Aplikasi Pintar Untuk Penyaluran KPR Bersubsidi

Kemudian pintu kedua bisa dimasuki oleh pengembang lewat Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) yang bertugas untuk menyiapkan semua data perumahan yang akan dipilih oleh MBR.

Nah, perbankan yang melakukan verfikasi dengan sistem host to host dan PPDPP yang memproses pengajukan data MBR, menyalurkan dana FLPP dan memonitoring pelaksanaannya,” tegasnya.

Masyarakat yang mengakses aplikasi ini diharapkan terlebih dahulu memperhatikan video dan buku panduan penggunaan aplikasi SiKasep yang bisa diunduh di website https://ppdpp.id agar kesalahan-kesalahan dalam memasuki aplikasi ini dapat dihindari.

Baca juga: PKO KPR FLPP 2020, Bank Syariah Mendominasi

SiKasep merupakan inovasi yang dilakukan oleh BLU PPDPP dalam membentuk konsep Big Data terkait dengan informasi backlog perumahan yang lebih akurat dan update serta data dan informasi terkait dengan ketersediaan rumah MBR.

Melalui SiKasep, pemerintah dapat mengetahui kebutuhan ketersediaan hunian langsung dari masyarakat dan dapat mendorong para pengembang bersama dengan bank pelaksana untuk memenuhi ketersediaan hunian sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

Share this news.

Leave a Reply