Pasokan Apartemen Q3 2020 Naik 114%, Meikarta Penyumbang Terbanyak

By 12 November 2020Property News

PROPERTY INSIDE – Kondisi pandemi Covid-19 telah membantu membatasi ancaman oversupply proyek kondominium dan apartemen akibat tertundanya proses konstruksi.

Cushman & Wakefield dalam laporan terbarunya menyebutkan bahwa jumlah pasokan yang tidak terlalu tinggi ini membantu menjaga harga kondominium lebih stabil dan menyebabkan tidak adanya pergerakan harga dari kuartal sebelumnya.

Lini Djafar, Executive Director, Residential Cushman & Wakefield menyebut, permintaan pokok tetap sehat dan peningkatan aktivitas pada segmen residensial akan mulai terlihat di awal 2021, dengan asumsi bahwa situasi pandemi telah menunjukkan tanda-tanda mulai stabil.

Sementara, tingkat kekosongan pada sektor kondominium sewa menunjukkan peningkatan, sebagai dampak dari penyesuaian operasional perkantoran yang dilakukan perusahaan yang menyebabkan penurunan permintaan dari ekspatriat untuk unit kondominium.

Baca juga: Tidak Ada Pasokan Lahan Industri Baru Sepanjang Tahun 2020

“Hingga pandemi ini mereda, para pemilik bangunan masih akan tertekan oleh keadaan untuk menerima harga sewa yang lebih rendah, untuk menjaga jumlah tenant atau menarik penyewa baru,” jelas Lini dalam keterangan tertulis yang diterima PropertyInside.id, Kamis (12/11) di Jakarta.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa dalam kuartal ketiga 2020 sebanyak 17 proyek kondominium dan apartemen telah selesai dengan total jumlah unit sebanyak 9.346 unit. Angka ini naik sebesar 114% dari kuartal sebelumnya.

Dari total unit yang terselesaikan di kuartal ketiga ini, proyek Meikarta menyumbang sebanyak 25%. Walau demikian, total pasokan yang terselesaikan year-to-date (YTD) sebanyak 18.617 unit ini masih lebih rendah 21% dari proyek yang terselesaikan secara YTD di K3 2019.

Proyek yang menunda jadwal serah terima dalam dua kuartal ke belakang ini diperkirakan untuk dapat selesai di kuartal terakhir 2020 atau di semester pertama 2021.

Baca juga: Hari Kota Dunia, Infrastruktur Mendorong Terwujudnya Kota Layak Huni

Hanya terdapat 1 proyek yang baru diluncurkan ke pasar kondominium di kuartal ini, yaitu Apple 3 Condo Villa. Proyek yang berlokasi di Cilandak ini memiliki 530 unit, sehingga membawa total pasokan kondominium yang ditawarkan ke 174.216 unit.

Para pengembang masih mengamati situasi pasar dan menunggu tanda-tanda stabilisasi pandemi juga perbaikan pada kondisi ekonomi di Indonesia. Pasokan ditawarkan diproyeksikan untuk tetap bergerak perlahan hingga semester kedua di tahun depan.

Untuk tingkat serapan bersih sebanyak 2.741 unit tercatat di kuartal tiga 2020 dari proyek yang telah selesai maupun yang ditawarkan, menurun 17,4% dari kuartal sebelumnya. Walau demikian, tingkat penjualan kumulatif kondominium terjaga stabil dari kuartal sebelumnya di 93,3%, dengan tingkat pra-penjualan masih tidak banyak berubah di 61,0% yang merefleksikan kondisi pasar yang sedang lemah.

Baca juga: YLKI: Tunda Kenaikan Tarif Tol JORR Saat Krisis

Pada akhir kuartal, tingkat kekosongan rata-rata di pasar kondominium meningkat ke 50,7% dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa proyek yang makin selektif dalam menerima penyewa baru dan adanya persyaratan tambahan untuk hunian berupa surat medis bebas-COVID-19.

Di dalam proyek, pembatasan jumlah tamu dan pengunjung masih berlaku. Namun, fasilitas bersama yang disediakan di dalam kawasan kondominium mulai dibuka secara bertahap dengan beberapa pembatasan.

Tidak ada pergerakan harga yang tercatat untuk seluruh lokasi dalam kuartal ini. Beberapa pengembang menawarkan metode pembayaran yang lebih fleksibel dan insentif lain kepada calon konsumen untuk mendukung harga yang ditawarkan. Pada akhir September, harga rata-rata kondominium di Jakarta dan sekitarnya masih menunjukkan sedikit pertumbuhan secara year-on-year sebesar +0,9%.

Share this news.

Join the discussion One Comment

  • Jendela360 says:

    Meskipun terdampak pandemi tapi pasokan unitnya masih tetap stabil ya.. tinggal daya beli masyarakat aja yang jangan sampai menurun.. oiya kalau mau cari apartemen dengan berbagai pilihan menarik bisa cek Jendela360. Bisa dicicil bulanan juga loh

Leave a Reply