Pontotoc, Kota Hantu dari Barat Liar

By 18 December 2020International

PROPERTY INSIDE – Pontotoc adalah kota hantu di Texas, AS yang ditinggalkan sejak tahun 1947. Texas sendiri adalah rumah bagi sejumlah kota hantu, yang dulu ramai pada hari-hari di mana wild west (barat liar) dengan koboi-koboinya beraksi di masa lalu.

Banyak dari kota-kota ini, seperti Bodie di California dan Barkerville di Kanada, masih dapat dilihat hingga sekarang dan dijadikan sebagai kota wisata yang mana keadaannya tetap dijaga sama seperti pada zaman Wild West.

Namun Pontotoc hanya tinggal reruntuhan, meski secara mengejutkan masih ada beberapa orang yang masih tinggal di sana. Kota hantu Pontotoc terletak di jalan raya Texas 71 di Mason County, sekitar satu jam di utara Fredericksburg.

Baca juga:  7 Kota Dengan Arsitektur Terindah Di Planet Bumi

Pada satu masa Pontotoc berada di titik puncak sebagai kota favorit di Texas. Tapi karena beberapa peristiwa yang tidak menguntungkan, kota ditinggalkan itu menjadi sepi. Didirikan pada tahun 1878, oleh Robert Kidd dengan membuka toko publik pertama disana. Dia juga yang menamai kota itu seperti nama daerah asalnya, Pontotoc, di Mississippi.

Pontotoc__

Sebuah akademi berdiri disana pada tahun 1882. Pada puncaknya, Akademi San Fernando ini memiliki 200 siswa tetapi akhirnya gulung tikar pada tahun 1889. Kemudian akademi tersebut menjadi sekolah umum dan akhirnya ditutup pada tahun 1927. Penutupan akademi tersebut mempengaruhi ekonomi lokal dan ini merupakan salah satu faktor penurunan populasi di kota itu.

Baca juga: Mengerikan, Hotel Ini Jadi Lokasi Favorit Untuk Bunuh Diri

Di Pontotoc dulu berdiri hotel, toko, pabrik, dan bisnis perdagangan kuda, kapas, dan kacang pecan. Kota ini juga bergantung pada pertanian di daerah sekitarnya. Mereka juga memiliki surat kabar lokal pada tahun 1906. Ada juga tambang mika yang mulai dibuka pada tahun 1941.

Pada tahun 1987, sebagian besar kota dilanda tifus. Epidemi sangat parah hingga mengharuskan pemerintah setempat menyiapkan lokasi perkuburan baru, karena perkuburan yang lama tidak cukup lagi menampung korban pandemi itu. Kota itu tidak pernah benar-benar pulih setelah wabah melanda.

Pontotoc-Featured

Infrastruktur rel kereta api yang direncanakan tidak pernah terwujud. Kemudian musibah kebakaran di gedung teater Pontotoc pada tahun 1947 turut menghancurkan kota ini. Saat ini, puing-puing bangunan yang terbakar masih tetap ada. Pontotoc terbengkalai selama bertahun-tahun, dengan hanya populasi kecil yang masih tersisa.

Baca juga: Ekstrim, Rumah Mewah Ini Berada Di Tepi Jurang

Pada tahun 2003, Carl Money membeli sebagian besar kota yang ditinggalkan. Dia membeli apa yang tersisa dari kantor pos, teater, toko dan tempat pangkas rambut. Rencananya, dia akan membuka wisata kota hantu untuk turis dengan kebun anggur dan kilang anggurnya sendiri.

Dia ingin mengubah Akademi San Fernando yang lama menjadi tempat untuk acara-acara khusus namun runtuh dihantam badai pada tahun 2016. Carl juga telah menanami kebun anggur seluas 4 hektar dan membangun pabrik anggur yang dulunya adalah toko kelontong tua yang dibangun tahun 1902.

Share this news.

Leave a Reply