7 Kota dengan Arsitektur Terindah di Planet Bumi

By 24 February 2018Architecture, News

PROPERTY INSIDE – Arsitektur adalah seni merancang bangunan sekaligus lingkungan buatan sebagai wahana ekspresikultural, untuk menata kehidupan jasmaniah, psikologis dan sosial manusia. Dari setiap belahan bumi ini, banyak kota-kota yang memiliki arsitektur luar biasa indah.

Arsitektur sebagai karya cipta manusia menampilkan keindahan seni yang secara langsung mempercantik kota dimana gedung-gedung indah itu berada. Berikut kami sajikan kota-kota dengan seni arsitektur paling indah di dunia;

alt text
HAVANA, KUBA
Selain pantai-pantai yang indah, bagi Anda para penggemar arsitektur klasik, Kuba adalah surga. Havana, ibukota negara revolusioner ini sangat kaya dengan arsitektur klasik. Tata kotanya mewarisi kota-kota Eropa seperti Paris dan London. Saat berada di kota tua yang ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO ini, mungkin yang terbayang adalah kota-kota Eropa tempo doeloe.

Menyusuri jalan-jalan di Havana, mata seolah terpuaskan oleh gedung-gedung klasik dengan seni arsitektur yang sangat cantik. Gedung-gedung indah dengan arsitektur klasik yang cantik menghiasi kota cerutu ini. Havana memang menyimpan keindahan arsitektur gedung-gedung penuh sejarah. Seperti gedung El Capitolo yang dulunya adalah pusat pemerintahan di Kuba sampai terjadi Revolusi Kuba di tahun 1959.

alt text
PARIS, PERANCIS
Paris terkenal sebagai pusat mode dunia. Selain itu, Paris merupakan kota yang kaya akan sejarah, budaya, kuliner dan sastra. Bahkan banyak penulis dan pengarang lagu, mengatakan bahwa ibukota Prancis ini adalah tempat yang bagus dijadikan sumber inspirasi.

Berjalan jalan-jalan kota ini bisa merasa seperti Anda berada di tengah-tengah museum seni besar. Arsitektur di Paris bercampur antara modern dan klasik, namun memberi estetika yang sangat cantik. Menara Eiffel adalah bangunan yang paling menonjol di kota Paris dan dikenal di dunia sebagai simbol negara Perancis.

alt text
ISHAFAN, IRAN
Kota Ini kini telah mejadi tujuan wisata dunia. Situs wisata utama itu seperti Imam Square (Naqsh-e Jahan Square), situs yang terletak di alun-alun kota ini menjadi salah satu yang terbesar dan paling indah di dunia.

Bangunan tersebut masuk menjadi UNESCO World Heritage Site yang menawarkan keindahan arsitektur Iran dan Islam. Beberapa masjid di Iran terkenal dengan keindahannya, salah satunya masjid Sheikh Lotfollah.

alt text
BARCELONA, SPANYOL
Barcelona adalah ibukota Catalonia dan kota kedua terbesar di Spanyol, setelah Madrid, dengan jumlah penduduk hampir 5 juta orang. Barcelona memiliki warisan budaya yang kaya dan saat ini merupakan pusat kebudayaan penting dan tujuan utama wisata.

Terutama terkenal adalah karya arsitektur Antoni Gaudi dan Lluís Domenech i Montaner, yang telah ditunjuk UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya. Dikenal sebagai a Roman city, kota metropolis ini memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan, tata kota yang baik, rapi dan teratur.

Barcelona saat ini salah satu tempat wisata unggulan di dunia, ekonomi, trade fair/pameran dan budaya pusat olahraga, dan pengaruhnya dalam perdagangan, pendidikan, hiburan, media, fashion, ilmu pengetahuan, dan seni semuanya membantu statusnya sebagai salah satu world’s major global cities.

alt text
LONDON, UNITED KINGDOM
Wisata sejarah, arsitektur, pertunjukan kesenian kuno maupun kontemporer, semua itu bisa didapatkan ketika berada di London. Mengarungi Sungai Thames dengah feri para turis dapat melihat keindahan arsitektur kota London, mulai dari Istana Westminster, beserta menara jam legendaris, Big Ben.

Para penumpang feri juga akan melihat keindahan Tower Bridge, jembatan dengan dua menara klasik yang dibangun pada abad ke-19. Bangunan-bangunan klasik lainnya, termasuk Tower of London.

alt text
ISTANBUL, TURKEY
Banyak tempat yang bisa dikunjungi di Istanbul bagi pecinta Arsitektur dan Sejarah, sebut saja Hagia Sophia, Blue Mosque, Topkopi Palace, Basilica Cistern dan Hippodrome. Masing-masing tempat dengan keindahan dan ceritanya yang menarik. Bahkan separuh dari pusat sejarah dan bangunan yang berada di Istanbul ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di kota seribu menara ini, banyak bangunan Masjid dan Gereja yang memiliki menara tinggi sebagai bagian dari fungsi dan arsitekturnya. Blue Mosque, adalah Masjid terbesar di Istanbul dengan total 6 buah menara disekelilingnya. Aslinya dikenal sebagai Masjid Sultan Ahmed, namun karena interiornya mengambil nuansa keramik berwarna biru, maka wisatawan mengenalnya sebagai Blue Mosque.

alt text
NEW YORK, USA
Sosok patung Liberty siap menyambut Anda di New York, kota yang tak pernah tidur. New York sendiri merupakan kota terpadat di Amerika Serikat dan pusat wilayah metropolitan terpadat di dunia. Keindahan kota New York patut kita acungi jempol, karena Salah satu kota terbaik di dunia itu memiliki kurang lebih 311 gedung pencakar langit.

Salah satu Gedung terbaik dan tertinggi di New York adalah Empire State. Empire State adalah gedung yang di selesaikan pada tahun 1931 dengan tinggi 381 meter, atau 1454 kaki dengan bangunan Super Strukturnya, yang menjadikan gedung itu sebagai gedung tertinggi ke-2 di Dunia setalah ‘Burj Khalifa’ di Dubai.

Masih ada lagi keindahan arsitektur di New York yang tersembunyi, sebuah arsitektur indah tersimpan di bawah tanah Kota New York, City Hall Subway Station.

Share this news.

Leave a Reply