Desain Rumah Klasik, Tak Lekang Waktu

By 25 February 2018Design, News

PROPERTY INSIDE – Meski desain rumah minimalis menjadi tren sejak awal tahun 2000. Namun, rumah dengan desain klasik masih sangat diminati, terutama bagi kalangan berduit.

Masyarakat kelas menengah atas sangat menyukai rumah desain klasik karena dianggap memiliki prestise yang berbeda. Rumah bergaya klasik memberikan nuansa mewah dan elegan.

Desain rumah klasik bisa menghidupkan memori masa lalu, nuansa kemewahan terlihat jelas dengan detail-detail arsitektur yang didukung dengan furniture antik juga unik. Banyak alasan mengapa orang menyenangi rumah dengan gaya klasik.

Tema klasik memang cenderung lebih mahal namun lebih lekang dan tidak tergerus akan model trend yang berubah-ubah. Tak jarang pula orang yang sengaja mengubah rumah modern mereka menjadi rumah yang memiliki gaya klasik yang anggun dan menawan.

alt text
Namun perlu diperhatikan pemilihan eksterior dan interior sebagai faktor peyempurna dari penggunaan gaya klasik. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin merenovasi rumah modern menjadi rumah bergaya klasik.

Kebanyakan saat ini gaya klasik yang sering diterapkan adalah gaya Victorian klasik, namun Anda juga bisa mengadopsi rumah klasik dengan gaya ciri khas Indonesia, rumah klasik Jawa yang dipenuhi interior kayu bisa menjadi pilihan lain.

Ruangan yang dirancang dengan gaya klasik memiliki titik fokus yang berukuran besar, ini perlu menjadi perhatian Anda sebelum merenovasi rumah modern menjadi klasik. Konsep dasar dalam pembentukan ruangan klasik adalah penataan ruangannya yang dilakukan secara simetris.

Jika kita mengambil sebuah garis tepat di tengah-tengah ruangan, maka sisi ruangan pertama akan memancarkan suasana dari sisi yang lainnya. Penataan furnitur yang ada di dalamnya pun dilakukan dengan sangat rapi. Ornamen seperti ukiran khas Romawi, patung dan vas besar juga sering dijumpai di rumah bergaya klasik.

alt text
Untuk perabotan dan furnitur, Anda bisa mulai membongkar gudang rumah, siapa tau masih ada sofa, meja, atau kursi kayu yang bisa dimodifikasi menjadi furnitur klasik. Warna-warna yang digunakan di dalam desain ini biasanya terinspirasi oleh alam. Sebagai contoh, warna biru gelap, coklat, kuning, hijau dan jenis warna tanah.

Penambahan warna hitam dilakukan untuk menegaskan objek tersebut. Tapi perlu dicatat warna-warna terang, seperti merah, hijau, atau kuning bisa juga Anda manfaatkan untuk interior atau pun eksterior rumah klasik.

Hanya saja, warna yang diaplikasikan tidak seterang warna-warna pada rumah minimalis modern. Pewarnaan akan ditekankan pada sisi kelembutan yang elegan. Warna-warna pastel bisa menjadi pilihan yang tepat.

alt text
Untuk ornamen-ornamen mungkin Anda sedikit bisa berhemat dengan mencari di pasar yang menyediakan barang-barang bekas. Sering kali kita temui di pasar barang bekas benda-benda antik, seperti mesin tik, mesin jahit, lukisan atau barang-barang unik yang bisa dijadikan hiasan di rumah klasik Anda.

Orang terkadang menganggap bahwa dekorasi merupakan salah satu unsur utama dalam membangun suasana klasik dalam rumah. Hal ini memang benar adanya. Perhatikan juga alas lantai Anda, karpet bernuansa klasik dengan warna-warna lembut sebaiknya ada pada ruang tamu, ini menambah keindahaan dan kenyamanan.

Lukisan juga perlu ada sebaiknya dibingkai dengan bingkai kayu yang besar dengan motif ukiran yang khas. Untuk tirai jendela, kesan klasik bisa ditimbulkan dengan tirai yang tinggi dan besar hingga mencapai langit-langit.

Share this news.

Leave a Reply