Japanese Landscape, Trik Menata Taman Gaya Jepang

By 25 February 2018Design, News

PROPERTY INSIDE – Taman yang indah dengan kesan natural dengan unsur harmonisasi alam menjadi impian banyak orang. Jika Anda termasuk orang yang memimpikan landscape taman seperti ini, taman Jepang adalah salah satu pilihan yang perlu anda pertimbangkan.

Konsep taman Jepang memiliki tata letak tanaman yang berbeda dengan konsep taman lainnya, taman jepang ini bagai miniatur alam dengan keseimbangan antara unsur unsurnya. Perpaduan antara ornamen khas ala negeri Sakura merupakan suatu ciri yang berbeda dengan taman dengan konsep lain.

Langkah pertama dan utama yang harus dilakukan dalam membuat konsep taman Jepang ini, adalah bagaimana kita dapat menuangkan ide dan konsep keindahan alam luas ke media taman dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

alt text
Diperlukan kejelian untuk setiap detail, agar kesan alami benar-benar tercipta. Ini sangat penting diperhatikan, agar hasil dari pembuatan taman sesuai harapan. Taman dengan konsep ini dapat memberikan ketenangan serta kedamaian bagi lingkungan hunian kita.

Mengetengahkan konsep kesederhanaan alam, tentu dapat menciptakan perasaaan damai. Kesederhanaan dan kesan simpel dapat terlihat dari penggunaan elemen bahan dan tanaman yang digunakan. Sesuatu yang alami tentu harus ditunjang dengan material yang alami pula dan ini berlaku untuk taman Jepang.

Salah satu elemen utama dari pembuatan taman jenis ini adalah penggunaan bebatuan yang disusun menyerupai bentuk pegunungan atau tebing. Taman jepang memang lebih identik dengan penggunaan batu alam kerikil maupun pasir.

alt text
Elemen lain yang tidak kalah penting adalah air. Unsur air biasanya dituangkan dalam bentuk kolam dari air yang mengalir di atasnya. Unsur air pada taman ini diwakili oleh adanya kolam kecil, atau sungai mini yang menelilingi atau melintasi taman. Unsur air memiliki nilai filosofis yang cukup tinggi sebagai sumber dari kehidupan.

Elemen lainnya adalah tumbuhan. Tumbuhan yang biasa digunakan dalam pembuatan taman jenis ini adalah tanaman perdu, rumpun bambu, lumut, dan rumput. Berbeda dengan taman model barat, taman Jepang jarang sekali melibatkan tumbuhan berbunga dengan warna yang beragam.

Melihat karakteristik jenis taman ini, semua elemen yang ada di taman Jepang selalu dirancang tidak simetris, berbeda dengan konsep taman lain. Rancangan ini membuat semua elemen merata, tidak ada yang dominan dan tidak semua bagian taman dapat diinjak, kadang hanya untuk dinikmati dari kejauhan.

alt text
Penentuan konsep awal dari taman ini haruslah benar-benar matang agar bentuk yang tidak simetris ini tidak mematikan karakter hunian secara keseluruhan. Menempatkan bebatuan dan pohon besar di depan elemen-elemen belakang dapat memberi kesan taman Anda terlihat lebih luas.

Teknik lain yang diterapkan bisa dengan membuat orang yang ingin menikmati keindahan taman harus berjalan melewati pagar, tanaman-tanaman besar sebelum melihat isi taman.

Pengunaan ornamen-ornamen buatan yang mewakili ciri khas negeri Sakura akan semakin memperkuat karakter dari taman ini. Penggunaan lentera bergaya Jepang yang dulunya digunakan untuk penerangan juga dapat dijadikan sebagai bagian dari dekorasi taman.

alt text
Dengan hadirnya rumput yang menutupi sebagian besar area taman, batu setapak merupakan ornamen khas lain dari taman jenis ini.Selain itu, jembatan yang menghubungkan dua sisi yang dipisahkan oleh kolam bisa menjadi pemanis taman dan akan memperkuat karakter taman itu sendiri. Gerbang, pagar atau dinding juga dapat digunakan sebagai ornamen penguat karakter taman Jepang idaman Anda.

Jika Anda berfikir bahwa pembuatan taman dengan konsep adaptasi dari Negara Sakura ini membutuhkan area yang luas, perlu diketahui bahwa saat ini, taman Jepang dapat dibuat di dalam area yang cukup sempit. Tentu saja dengan desain miniatur alam sebagai ide utamanya.

Selain itu, kesesuaian desain taman dengan desain rumah utama juga perlu diperhatikan. Yang paling penting adalah penataan dan penempatan ornamen-ornamen taman yang seimbang karena kerapian merupakan syarat wajib untuk kesempurnaan taman jenis ini.

Share this news.

Leave a Reply