Indahnya Arsitektur Situs-situs Budaya Iran yang Diancam Donald Trump

PROPERTY INSIDE – Presiden Amerika Donald Trump mengancam akan menghancurkan situs-situs warisan budaya milik Iran jika Negeri Para Mullah ini menyerang aset-aset dan warganya di Timur Tengah sebagai pembalasan dari pembunuhan Jenderal Iran Qasem Soleimani oleh Amerika.

Ancaman ini mendapat kecaman serius dari berbagai pihak dunia, karena tidak sepantasnya Trump menghancurkan situs-situs bersejarah Iran yang diakui UNESCO. Kelakuan ini jika memang dilakukan Trump, tak lebih seperti kelakuan ISIS saat menyerang Irak dan Suriah.

Ini menimbulkan peringatan dari PBB bahwa serangan terhadap situs-situs tersebut adalah sebuah kejahatan perang. Kepala UNESCO, Audrey Azoulay, mengatakan ada beberapa perjanjian hukum yang diratifikasi oleh AS dan Iran, yang melarang serangan terhadap lokasi budaya.

Baca juga: Desain Arsitektur RSJ Bak Arkham Asylum Takkan Menyembuhkan Orang Seperti Joker

Diketahui bahwa Iran memiliki 24 situs bersejarah yang diakui oleh badan budaya PBB UNESCO, jumlah yang sama juga dimiliki oleh Negeri Paman Sam. Berikut beberapa situs sejarah milik Iran yang kaya akan keindahan arsitektur dan seninya;

Armenian Monastic Ensembles of Iran

situs iran armenianDi barat laut negara itu, ketiga ansambel biara ini, menurut UNESCO adalah contoh nilai universal yang luar biasa dari arsitektural dan dekoratif Armenia. Bangunan yang tertua di antaranya, St Thaddeus, berasal dari abad ketujuh adalah tempat ziarah bagi Gereja Armenia.

Bam Cultural Landscape

situs iran - bamIni adalah permukiman berbenteng kuno luar biasa yang berkembang di sekitar dataran tinggi Iran dan merupakan saksi untuk pengembangan permukiman dan perdagangan di lingkungan gurun di kawasan Asia Tengah. UNESCO mencatat, benteng ini berasal dari periode Achaemenid pada abad keenam hingga keempat SM, situs ini kemudian menjadi persimpangan untuk rute perdagangan dan produksi garmen sutra dan kapas.

Baca juga: Balaikota Boston, Contoh Langka Konsep Arsitektur Brutal

Golestan Palace

situs iran - golestanIstana Golestan yang mewah ini adalah mahakarya era Qajar, yang mewujudkan keberhasilan integrasi kerajinan dan arsitektur Persia sebelumnya dengan pengaruh Barat. Istana ini adalah salah satu kompleks bangunan tertua di Teheran yang menjadi pusat sejarah kota.

Historic City of Yazd

situs iran - historic cityTerletak di dalam kota Yazd, pemukiman bersejarah di tengah dataran tinggi Iran ini adalah saksi tentang penggunaan sumber daya terbatas yang ada di gurun untuk bertahan hidup. Bangunan di sini terbuat dari tanah, dan air dibawa oleh qanat, yakni sistem terowongan bawah tanah.

Masjed-e Jāmé of Isfahan

situs iran - masjed jameMeliputi lebih dari 20.000 meter persegi, ini adalah salah satu masjid terbesar di Iran. Pembangunan konstruksi dimulai pada 841 AD. Situs ini menunjukkan evolusi arsitektur masjid selama berabad-abad dan merupakan prototipe untuk desain masjid-masjid lainnya di seluruh Asia Tengah.

Meidan Emam, Esfahan

situs iran - meidan emamArea publik yang menjadi lapangan bagi masyarakat umum di Esfahan ini dibangun oleh Shah Abbas I pada abad ke-17 dan dibatasi oleh bangunan-bangunan megah di setiap sisinya. UNESCO menyebut, ini adalah salah satu alun-alun kota terbesar di dunia dan contoh luar biasa arsitektur Iran dan Islam.

Share this news.

Leave a Reply