Patio, “Surga Mini” dibelakang Rumah Anda

By 25 February 2018Design, News

PROPERTY INSIDE – Kata ‘patio’ berasal dari bahasa Spanyol, yang berarti taman atau halaman belakang. Secara umum, patio merupakan area luar ruang yang biasanya digunakan untuk santap malam bersama atau sekedar berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

Area ini biasanya menyatu dengan rumah dan dilapisi dengan beton atau blok batu. Penggunaan patio sebagai aksen eksterior rumah telah berlangsung sejak abad ke-15 SM, dimulai dari Mesir dan daerah-daerah gurun lain. Tujuan pembuatan patio sendiri sebagai antisipasi masyarakat setempat pada masa itu agar taman mereka tidak hancur kekeringan jika ditempatkan di area luar rumah.

alt text

Banyak taman mulai dibangun di negara-negara seperti Persia hingga Yunani. Dari masa-masa awal tersebut, taman yang diyakini sebagai taman terindah dan masih banyak dikenal hingga saat ini adalah Taman Gantung Babilonia yang termasyur.

Di Indonesia, patio sudah banyak digunakan sebagai pelengkap arsitektur hunian, namun ini bukan hanya untuk mengikuti tren semata. Daerah tropis seperti Indonesia memiliki kekhasan tersendiri, diantaranya adalah kaya akan cahaya matahari dan temperatur yang cenderung lebih hangat.

Penggunaan patio sangat cocok untuk rumah-rumah Indonesia.Tidak hanya membuat rumah terlihat cantik dan nyaman,dengan patio, Anda dapat memiliki pencahayaan yang lebih alami dan karenanya dapat menghemat pemakaian energi listrik.

alt text

Kehadiran patio juga membuat udara mengalir langsung dari luar hingga sirkulasinya menjadi lebih lancar dan Anda dapat menghirup udara yang lebih sehat. Fungsi lain patio yang tidak kalah penting adalah untuk mengintegrasikan ruang dalam rumah dengan luar ruang, apalagi jika tanpa sekat.

Jangan khawatir soal biaya ataupun kebutuhan lahan. Saat ini, sudah banyak variasi patio yang memungkinkan Anda menciptakan “surga mini” dalam hunian tanpa mengeluarkan biaya besar, pernak-pernik mewah, ataupun lahan tanah yang luas.

Bentuk patio bisa jadi adalah sebuah area di bagian tengah rumah atau halaman belakang, dengan taman mini berikut furnitur seperti meja dan kursi taman; atau patio yang lebih luas yang dilengkapi dengan peralatan barbeque atau kolam; atau jika Anda menginginkan kreasi patio sederhana, cukup letakkan variasi pot tanaman atau pot air mancur mini di area yang Anda inginkan.

alt text

Banyak desain yang digunakan untuk menata patio. Sebagian besar patio dibuat dengan menggunakan lantai dari paving dan atap/kanopi untuk melindungi dari matahari dan hujan. Letak patio juga bisa bermacam-macam, bisa di tengah rumah ataupun di teras belakang dengan struktur yang tertutup atau bahkan terbuka.

Sebagai sebuah ruang untuk melepas penat, patio dirancang untuk memberikan suasana santai. Keberadaan tanaman hias sangat penting untuk memberi kesan tersebut. Namun perlu diingat, tanaman hias yang digunakan janganlah yang terlalu rimbun, namun tanaman yang cukup memberi aksen segar.

Keberadaan kolam mini, beserta aksesorisnya seperti air mancur dan air terjun akan menambah suasana asri. Tempatkan tanaman di pojok kolam, kesan segar akan semakin terlihat. Untuk lantai patio, bisa dibuat dengan paving blok atau dengan batu alam.

alt text

Pilih lantai paving block yang berlubang. Selain bisa ditanamani rumput, melalui lubang paving block tersebut air bisa meresap ke dalam tanah. Lantai dari semen juga bisa digunakan, terutama jika patio sering digunakan untuk melakukan berbagai acara dan pertemuan.

Lantai semen membuat lebih mudah untuk dibersihkan. Untuk memperindah, dapat ditempatkan furnitur yang tahan terhadap cuaca pada patio. Pilih furnitur yang terbuat dari besi atau stainless steel. Jika menggunakan dari kayu, pilih kayu yang cukup tahan terhadap air seperti jati atau bengkirai.

Atap patio bisa dibentuk sedemikian rupa. Bentuk melengkung pun bisa juga utnk diterapkan. Atap sebaiknya terbuat dari produk alumunium. Selain ringan, kokoh juga tahan karat sehingga akan lebih tahan lama.

Pada negara tropis seperti Indonesia, atap sebaiknya dibuat dalam kemiringan yang cukup landai, agar air hujan jatuh sempurna dan tidak tempias mengenai furnitur yang ada dalam patio.

Share this news.

Leave a Reply