Unik, Kafe ini Tahan Gempa & Punya Taman Outdoor di Atapnya

By 13 August 2019Architecture

PROPERTY INSIDE – Kafe kecil ini cukup unik, karena memiliki taman bertingkat yang bertengger di puncak kafe. Omoken Park namanya, dirancang oleh arsitek Jepang, Yabashi Architects menjadikan kafe ini sebagai ruang publik sekaligus ruang pribadi, di mana warga setempat dapat berkumpul dan berinteraksi.

Berada di Kyushu, Jepang, di tengah deretan toko-toko di Kumamoto, sebuah kota di pulau Kyushu paling barat Jepang, awalnya didirikan ulang karena bangunan ini hancur karena gempa.

Bangunan yang sebelumnya berdiri di tempatnya dihancurkan oleh gempa berkekuatan 7,0 skala Richter yang melanda kota itu pada tahun 2016. Peristiwa tragis inilah yang mendorong arsitek untuk menciptakan proyek yang berfokus pada area publik bagi masyarakat.

omoken park

Baca juga: Masjid Jami’ Bengkulu, Karya Indah Bung Karno 

“Warga yang mengalami gempa bumi telah menjadi sadar akan simbiosis lebih dari sebelumnya dengan saling membantu,” jelas Tohru Yabashi, penggagas proyek ini.

Taman publik di posisikan di atap bangunan yang terdiri dari empat platform kayu yang menjorok ke belakang site.  Ini dimaksudkan dan difungsikan sebagai ruang seperti taman, di mana pengunjung dapat duduk bersantai dan mengobrol dengan teman-teman.

omoken park

Akses dipermudah dengan serangkaian tangga yang mengarah dari permukaan tanah langsung ke taman. Nuansa hijau disediakan dengan menanam beberapa pohon tinggi dan rimbun yang tersebar di sekitar pinggiran atap kafe.

Baca juga: Dua Karya Anak Bangsa Masuk Nominasi Aga Khan Award 2019

Di dalamnya ada sebuah kafe kecil yang hampir seluruhnya dilapisi dengan kayu yang dilaminasi silang, kontras dan hangat dengan kerangka baja bangunan.  Kayu juga telah digunakan untuk membuat konter panjang untuk layanan servis, kursi bangku, dan meja makan sentral, yang diterangi oleh lampu bohlam terbuka yang tergantung di atas kepala.

Omoken Park

Pintu atau partisi dihilangkan pada bagian depan dan belakang bangunan, yang memungkinkan orang untuk hilir mudik.  Fasad terbuka dari kafe akan membantu sinar matahari masuk dan menerangi interiornya dengan cahaya alami, sekaligus menjaga konsumsi daya seminimal mungkin.

Share this news.

Leave a Reply